Share
3 Cara Mengatasi Stress Eating atau Makan Berlebihan Ketika Dilanda Emosi
Shela Dhamayanti
16 March 2022

Apakah Anda pernah melihat seseorang mengonsumsi makanan secara berlebihan atau Anda sendiri yang pernah mengalaminya? Jika pernah, kemungkinan kondisi ini disebut stress eating.


Kondisi stress eating tidak bisa disepelekan, walaupun ini memang terlihat tak berbahaya. Akan tetapi, bisa membahayakan kesehatan, yaitu menyebabkan obesitas. Jika dibiarkan terlalu sering tubuh akan terlalu banyak menyimpan kalori sehingga berat badan sulit terkontrol.

Pola makan yang tidak sehat inilah bisa menyebabkan penyakit lainnya, seperti diabetes dan hipertensi. Lalu, bagaimana cara mengatasi stress eating? Inilah beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori saat stress eating melanda. Jika Anda memilih makanan yang sehat dengan tinggi serat, protein dan lemak sehat, akan membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Tetapkan Jadwal Makan

Perlu diingat “Makan itu Kebutuhan bukan Keinginan”, jika Anda selalu ingat kalimat ini, lama-kelamaan akan terbiasa dan terkontrol. Usahakan makan rutin tiga kali sehari, termasuk ketika sedang stres.

3. Olahraga

Olahraga bisa menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh dan bisa memperbaiki mood. Oleh karena itu, jika olahraga dilakukan secara rutin, hal ini bisa membakar kalori berlebih di tubuh. Selain itu, selama olahraga Anda bisa sambil mendengarkan musik kesukaan atau melakukan aktivitas hobi lainnya.

BACA JUGA: Memicu Stres dan Meningkatkan Rasa Cemas, Hindari 3 Warna Cat Rumah ini