Memicu Stres dan Meningkatkan Rasa Cemas, Hindari 3 Warna Cat Rumah ini
Dewi Anggriani Siregar
07 March 2022

Warna cat pada rumah dapat memengaruhi suasana hati dan perasaan seorang. Ada beberapa warna cat yang ternyata dapat memicu rasa panik dan kecemasan berlebih apabila banyak diaplikasikan di dalam ruangan.


Warna merupakan sebuah komponen penting di dalam sebuah rumah ataupun desain interior. Ketika menentukan warna cat apa yang akan digunakan untuk rumah, Anda tentu akan melewati banyak pertimbangan hingga akhirnya memutuskan pilihan pada warna-warna pilihan Anda.

Namun tahukah Anda bahwa warna cat pada rumah dapat memengaruhi suasana dan perasaan hati Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui warna cat apa yang cocok dan tidak cocok untuk diaplikasikan di rumah Anda. Dilansir dari Real Simple, berikut beberapa warna cat rumah yang ternyata dapat menurunkan mood bahkan memberikan dampak negatif seperti stressed-out bahkan depresi.

1. Merah

Pakar Psikologi, Desain Amber Dunford, mengatakan bahwa warna merah merangsang detak jantung dan sistem pernafasan bekerja lebih cepat dari biasanya serta mengaktifkan kelenjar pituitari kita. Kelenjar pituitari adalah kelenjar pengendali yang mengontrol berbagai aspek tubuh manusia, jika terlalu aktif hal ini dapat menyebabkan stres. Oleh karena itu tidak disarankan untuk mengaplikasikan cat warna merah terlalu banyak pada ruangan.

2. Putih

Siapa sangka bahwa warna yang paling identik dengan minimalis ini dapat memicu kecemasan berlebih. Dunford mengatakan bahwa penggunaan cat warna putih berlebih pada ruangan dapat membuat perasaan cemas. Meski begitu bukan berarti Anda sama sekali tidak dapat menggunakan warna putih untuk ruangan Anda. Dunford merekomendasikan penggunaan cat warna putih yang dapat diaplikasikan dengan memberikan nuansa yang berbeda atau dengan memberikan variasi warna seperti menambahkan aksen cream atau menciptakan skema warna monokromatik.

3. Rona Cerah

Ruangan dengan rona cerah ternyata juga dapat memberikan dampak negatif untuk. Dunford mengatakan bahwa menggunakan beberapa warna cerah di ruang yang sama dapat memicu kepanikan dan meningkatkan stres. Tidak hanya itu, kombinasi penggunaan warna cerah di ruangan yang kecil dan mungil bahkan dapat memicu terjadinya sakit kepala total.

Untuk mengatasinya, Anda mungkin bisa mengaplikasikan warna-warna calming yang dapat memberikan perasaan tenang dan rileks, seperti warna hijau sebagai representasi dari alam yang dapat memberikan sejuk dan tenang.