Wisata “Pedas” ke Festival dan Museum Paprika di Hongaria

Travel19 February 2020

By Annisa Laksmintari

Wisata “Pedas” ke Festival dan Museum Paprika di Hongaria

Di Hongaria, paprika bukan hanya bumbu, dan lebih dari sekadar hiasan. Paprika merupakan rempah-rempah nasional dan merupakan bahan favorit dalam masakan Hongaria.


Tanaman paprika, Capsicum annuum, dibawa ke Eropa oleh penjelajah Spanyol dan Portugis, dan telah tumbuh di Hongaria sejak tahun 1500-an namun baru populer di tahun 1800-an, ketika petani mengetahui bahwa mereka dapat mengembangbiakkan cabai pedas dengan paprika untuk membuat paprika manis yang telah dicintai dunia, dan bahan dapur favorit Hongaria.



Terlepas dari kenyataan bahwa paprika bukan asli Hongaria dan rakyatnya bukan satu-satunya yang menyukai paprika dalam masakan mereka, negara ini terkenal sebagai produsen paprika berkualitas terbaik. Paprika komersial, sebagian besar bersumber dari Hongaria Selatan, memiliki tingkat kemanisanan, kepedasan, dan kekasaran yang beragam.

Beberapa paprika dikategorikan sesederhana édes (manis) atau csíp?s (panas), tetapi varietas lain jauh lebih kompleks rasanya. Perbedaan lainnya termasuk Különleges ('spesial') paprika paling lembut dengan warna merah terang dan rasa yang sangat manis; Csemege ('gourmet'), paprika merah muda, agak kasar; édesnemes ('mulia'), paprika yang paling umum diekspor; dan róaza ('mawar') yang paling berharga, paprika kasar berwarna merah tua, berwarna manis dan pedas. Ada juga Félédes, perpaduan yang setengah manis dan setengah pedas, serta er?s, yang berwarna cokelat muda, tetapi merupakan paprika paling pedas dan terkuat dari semua paprika Hongaria.



Pasar Sentral Budapest adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi paprika untuk dibawa pulang. Pasar dalam ruangan berukuran raksasa ini mencakup lebih dari 100.000 kaki persegi ruang. Jika Anda terburu-buru, pasar menawarkan karung paprika siap bawa untuk para turis. Untuk pengalaman yang lebih otentik, amati dan beli apa yang didapat penduduk setempat.

Pasar Utca di pusat kota atau Hunyadi Tér Marketd di Terézváros adalah alternatif yang tak padat turis untuk menemukan paprika dengan harga lebih terjangkau dengan pilihan luas. Selain dalam bentuk bubuknya, Anda dapat membeli paprika dalam bentuk minyak biji, serpihan, campuran rempah, dan banyak lagi.



Untuk semakin menyemarakkan cinta paprika Anda, rencanakan kunjungan ke salah satu atau kedua museum paprika di negara ini, Museum Paprika Szeged dan Museum Paprika Molnar di desa Roszke yang juga berfungsi sebagai pabrik pengolahan paprika. Ada juga dua festival yang didedikasikan untuk rempah-rempah, satu di kota Kalocsa dan lainnya di Szeged. Keduanya telah menjadi pusat industri paprika Hongaria selama lebih dari satu abad.


FOTO Pixabay, Unsplash