Share
Will Smith Dilarang Hadiri Oscar Selama 10 Tahun Akibat Insiden Tampar Chris Rock di Panggung
Dewi Anggriani Siregar
10 April 2022

Buntut dari insiden Will Smith menampar Presenter Chris Rock di atas panggung ajang Oscar 2022 menyebabkan dirinya dilarang menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan, terhitung sejak 8 April 2022.


Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Academy David Rubin dan CEO Dawn Hudson, setelah menggelar rapat dewan Academy kemarin di Long Angeles, Amerika Serikat.

Insiden itu bermula saat Chris Rock membuat sebuah jokes terkait kepala botak istrinya, Jada Pinkett-Smith yang disambut dengan gelak tawa para hadirin. Diketahui bahwa Pinkett-Smith menderita penyakit autoimun yakni, Alopecia areata, yang menyebabkan kerontokan rambut dan pada akhirnya membuat istri Will Smith ini mencukur habis rambutnya.

Will Smith yang dianugerahi penghargaan sebagai aktor terbaik tahun ini pun menjadi geram dan naik ke atas panggung untuk menampar Chris karena lelucon yang ia lontarkan. Tindakan Will Smith tersebut pun dinilai tidak pantas dan berbahaya serta tidak dapat diterima.

Sebelumnya diketahui bahwa Will Smith sendiri telah membuat keputusan untuk mundur dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), sebagai bentuk konsekuensi atas kekacauan dan perbuatan yang telah ia lakukan di atas panggung Oscar.

Sementara itu Will Smith memberikan tanggapan terkait keputusan yang diberikan kepada dirinya. Ia mengaku menerima dan menghormati semua keputusan Akademi terhadapnya.