Warisan Kemewahan Budaya Keraton di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa

Travel26 February 2020

By Larasati Oetomo

Warisan Kemewahan Budaya Keraton di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa

Apabila Anda sering berkunjung ke Jogjakarta, Anda tidak dapat melewatkan nirwana Keraton yang terletak hanya 5 menit dari Bandara Adi Sutjipto ini.


Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa adalah salah satu properti berbintang 5 yang paling legendaris di Yogyakarta. Dibuka pada akhir tahun 90-an, Sheraton Mustika memamerkan warisan Keraton yang telah menjadi ikon budaya Jawa dalam setiap sudut hotel ini.

Memasuki gerbang bernuansa Jawa klasik, Anda akan dibawa mendaki menuju sebuah kuil megah yang merupakan bangunan utama dari Sheraton Mustika. Memasuki lobi hotel yang didesain terbuka dengan perpaduan desain Jawa klasik dan kontemporer, Anda akan langsung mendapati hal unik dari properti ini. Lobi yang Anda masuki terletak di lantai 7, sementara seluruh kamar dan fasilitas hotel tersedia di bagian bawah lobi, membentuk lanskap lembah yang indah mulai dari lantai 1 hingga lantai 6.



Sheraton Mustika memiliki total 251 kamar mulai dari Deluxe Room hingga pilihan Suites mulai dari Junior Suite, Executive Suite, hingga Royal Suite. Meskipun Sheraton Mustika dikenal akan desain eksterior dan interior ala kolonial, properti ini baru saja memperbarui sebagian Deluxe Room bagi mereka yang lebih menyukai desain kontemporer yang manis dan minimalis.

Untuk pengalaman berlibur yang lebih intim, Anda dapat memilih lagoon access room yang terletak di lantai 1. Apabila Anda kebetulan bermalam di lagoon access room, Anda dapat memesan paket floating breakfast di lagoon di belakang kamar Anda sendiri.



Anda jelas membutuhkan waktu lebih dari satu malam untuk berkeliling dan menyicipi fasilitas di resor yang hanya berjarak 20 menit dari Candi Prambanan ini. Anda tak mungkin melewatkan pengalaman spa tradisional yang memanjakan di Taman Sari Spa. Di pagi hari, tak ada yang lebih baik dari berjalan-jalan atau berenang di area kolam renang utama yang merupakan replikasi dari Kastil Air Taman Sari yang legendaris. Di area taman yang luas ini, Anda juga dapat memesan paket brunch ala piknik di taman bernama Rolasan bersama rekan-rekan Anda.



Anda juga dapat berkeliling untuk mengeksplor berbagai nuansa kuliner. Restoran utama Androwino Bistro menyajikan pengalaman sarapan ataupun makan malam dengan lanskap kota Yogyakarta. Anda juga dapat mencicipi sajian India di Ganesha Ek Sanskriti yang terletak di lantai 8. Di malam hari, Anda perlu mampir ke Suko Wine Lounge untuk bersantai.



Selain gedung ballroom berkapasitas besar yang merupakan pilihan populer untuk melangsungkan pernikahan, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa memiliki begitu banyak sudut outdoor yang indah untuk melangsungkan acara pernikahan atau pertunangan privat, seperti lilypond maupun pendopo yang terletak di sisi kolam renang.