Wajah Musisi-musisi Cantik Indonesia yang Terpampang di Billboard New York Times Square
Dewi Anggriani Siregar
06 June 2022

Akhir-akhir ini sederet wajah musisi Tanah Air tampak menghiasi Billboard New York Times Square, Amerika Serikat.


Setidaknya ada 12 musisi wanita Indonesia telah mejeng di Billboard New York Times Square tersebut. Ke-12 wanita cantik tersebut merupakan musisi-musisi yang terpilih sebagai representasi dari kampanye EQUAL yang sedang digalakkan oleh Spotify.

Tepat bulan ini, Spotify merayakan satu tahun peluncuran kampanye EQUAL di Indonesia sebagai salah satu bentuk dukungan bagi kesetaraan gender di industri musik.

Tidak hanya cantik dan digandrungi, namun musisi-musisi ini juga memiliki kualitas dan prestasi yang mumpuni dalam bidang musik. Berikut beberapa nama musisi Indonesia yang suskes mejeng di Billboard New York Times Square AS.

Niki Zefanya

Siapa yang tidak kenal dengan musisi berprestasi, Niki Zefanya atau yang akrab disapa NIKI. Selain berhasil mendapat pengakuan di secara global melalui kehadiran dan penampilannya yang memukau di festival musik Coachella, lagu “Every Summertime” miliknya berhasil masuk daftar 10 tanggal lagu teratas di Spotify Indonesia selama 8 minggu berturut-turut, lagu ini juga sekaligus menjadi single utama dalam soundtrack film MCU, Shang-Chi dan The Legend of The Ten Rings. Tidak hanya itu, NIKI juga masuk dalam daftar 3 artis Indonesia yang paling banyak didengarkan setelah Rich Brian dan Pamungkas dalam Wrapped 2021 lalu.

Nadin Amizah

Pada tahun 2021 lalu, Nadin Amizah berhasil masuk dalam daftar jajaran artis yang paling banyak didengarkan di Spotify Indonesia dengan peringkat yang signifikan. Lagu “Bertaut” miliknya telah diputar sebanyak lebih dari 100 juta kali di Spotify, termasuk dalam 3 lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia.

Lyodra Ginting

Penyanyi cantik muda jebolan Indonesian Idol yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kemampuan bermusik dan kualitas suara serta prestasinya. Lagu “Pesan Terakhir” miliknya berhasil masuk dalam daftar 10 lagu teratas tangga lagu Spotify di Indonesia selama berminggu-minggu. Tidak hanya itu, Lyodra juga menjadi satu-satunya artis Indonesia yang masuk nominasi penghargaan MTV Europe Music Award 2021 dalam kategori Best Southeast Asia Act dan Best New Asian Artist di Mnet Asian Music Award (MAMA) pada Desember lalu. Baru-baru ini ia bahkan dipilih oleh Calum Scott untuk berkolaborasi dalam lagu “Heaven”.

Tiara Andini

Satu lagi artis muda berbakat jebolan Indonesia Idol yang menjadi EQUAL Artis of The Month. Lagu terbarunya yang bertajuk “Merasa Indah” sukses mencapai 39 juta pendengar dan masuk dalam daftar 10 lagu teratas di tangga lagu Spotify. Ia juga telah berhasil memenangkan berbagai penghargaan seperti The Best Album Pop AMI Award 2021 dan Mnet Asian Music Award untuk Best New Asian Artist Indonesia dari Mnet Asian Music Award (MAMA) 2020.

Mahalini Raharja

Mahalini Raharja, penyanyi asal Bali yang merupakan kekasih dari Rizky Febian ini berhasil menempati EQUAL Artis of The Month bulan Januari 2022. Sebelumnya ia juga berhasil meraih penghargaan New Artis of The Year dalam Indonesia Music Award (IMA) Desember 2021 lalu. Tidak hanya itu, lagu “Sisa Rasa” miliknya juga berhasil menempati posisi dalam deretan tangga lagu teratas di Spotify.