Share
Vinna Gracia, Eksplorasi dan Kreativitas yang Inspiratif di Industri Kecantikan
Dewi Anggriani Siregar
15 July 2024

“Bagiku, kecantikan adalah sebuah kata dengan makna yang besar. Ini bukan hanya tentang penampilan atau karakter; ini tentang sesuatu yang membuat kita merasa nyaman, percaya diri dan semakin berdaya." - Vinna Gracia


Dalam beberapa tahun terakhir, beauty content industry mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Platform seperti YouTube, Instagram, dan TikTok telah menjadi tempat tujuan para pecinta kecantikan untuk berbagi tips, tutorial, dan review produk. Perkembangan ini tidak hanya mengubah cara pandang masyarakat, tetapi juga berdampak signifikan pada industri kecantikan itu sendiri.

Saat ini, ada banyak sekali beauty influencer, masing-masing dengan gayanya yang khas menciptakan konten yang luar biasa. Vinna Gracia adalah salah satunya. Vinna Gracia merupakan seorang influencer terkemuka yang terkenal karena beragam kontennya mulai dari tutorial makeup, fashion, dan lifestyle. Dengan basis penggemar yang besar di Indonesia, ia berhasil memikat audience-nya dengan konten menarik yang disukai secara luas. Popularitas Vinna Gracia berasal dari penggambaran otentiknya dalam kehidupan sehari-hari, ditambah dengan keahliannya di bidang kecantikan dan mode, menjadikannya sosok yang digandrungi oleh para pengikutnya. Tidak hanya menampilkan kreativitasnya, Vinna juga menyoroti perjalanannya sebagai content creator dalam mengarungi dunia media digital yang dinamis.

VINNA GRACIA

Dengan ciri khas makeup look yang simple dan menarik, Vinna berhasil menjadi inspirasi untuk para pecinta beauty agar semangat dalam ber-makeup dan terus mempercantik diri. Tidak hanya sebagai beauty influencer, Vinna Gracia juga merupakan seorang MUA kondang. Vinna mengawali kariernya sebagai MUA saat dirinya memutuskan untuk mempelajari self makeup, namun berkat dukungan dari teman-temannya, Vinna akhirnya mengambil personal class dan belajar untuk mendalami makeup sepenuhnya, dari sana kemudian ia merasa menemukan passion baru dalam hidupnya.

Melalui konten yang dibuatnya, Vinna bertekad untuk menginspirasi perempuan dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi kecantikan bersama. Ia juga menekankan pentingnya berbagi tentang banyak hal. Pada dasarnya ia seperti menciptakan komunitas sebagai tempat di mana mereka dapat saling berbagi perihal apa yang mereka sukai dengan dilatarbelakangi oleh minat yang sama terhadap kecantikan.

Vinna mulai membuat konten di YouTube pada tahun 2014. Saat itu, ia mengunggah video cover karena kecintaannya pada menyanyi. Didorong oleh kecintaannya pada kecantikan, Vinna menerima banyak permintaan dari teman dekatnya untuk membuat tutorial alis yang bagus. Namun dengan keterbatasan platform untuk berbagi video pada saat itu, Vinna mencari cara untuk mendemonstrasikan tutorial alisnya, hingga akhirnya mengunggah video tersebut ke channel YouTube pribadinya. Tak disangka, video yang ia buat untuk teman-temannya mendapatkan engagement yang signifikan serta sambutan baik dari para penonton. Pada tahun 2015, Vinna akhirnya memutuskan untuk membuat channel YouTube khusus dan mulai memproduksi konten kecantikan dengan serius.

Sebagai seorang beauty anthusiast, Vinna belajar dari banyak referensi. Menurutnya, siapapun bisa menjadi insipirasi dan role model untuk perkembangan dirinya ke depan. Berkecimpung di industri kecantikan selama kurang lebih 10 tahun, bukan berarti Vinna tidak pernah mengalami kesulitan. Sebagai seorang MUA dan content creator, Vinna tentu saja pernah mengalami mental block dalam berkarya. Meski begitu, Vinna menyiasatinya dengan mempelajari banyak hal baru yang akan me-refresh pikirannya.

VINNA GRACIA

"Sebagai content creator, kita semua pasti pernah menghadapi hambatan. Bekerja dengan banyak brand dan orang terkadang dapat menghambat kreativitas kita. Untuk mengatasi hal tersebut, aku fokus untuk mengembangkan skill dengan mempelajari atau mencoba hal-hal baru yang dapat me-refresh pikiran. Misalnya, aku biasanya mengasah skill-ku di bidang interior, dan saat ini aku juga sedang mempelajari banyak hal tentang photography,” jelasnya.

Di tengah kesibukannya sebagai seorang content creator, Vinna Gracia juga aktif membagikan momen-momen kehidupan pribadinya sebagai seorang istri dan ibu. Dia secara terbuka berbagi pengalaman tentang bagaimana dia mengelola waktu antara pekerjaan, keluarga, dan kehidupan pribadi. Perjalanan hebat yang telah ia lalui membuatnya menjadi sosok yang semakin kuat dan dapat menjadi inspirasi bagi banyak ibu serta wanita karier di luar sana.

We're not wonder women, but we're strong women. Aku yakin setiap ibu punya perjuangannya masing-masing untuk menyeimbangkan antara karier dan waktu bersama keluarga. Aku sendiri sudah melaluinya and I realize that we can't be perfect in every role, but we can strive to improve, adjust, commit, compromise, and collaborate with everyone to make it all happen.”

Mendulang kesuksesan sebagai seorang wanita karier dan ibu rumah tangga, Vinna mengungkapkan bahwa suami merupakan salah satu sosok yang paling berperan penting dalam perjalanan kariernya hingga saat ini. Di dalam rumah tangganya, Vinna mengatakan bahwa ia bersama sang suami mengemban semua tanggung jawab secara equal agar semua hal dapat terpenuhi dan berjalan dengan semestinya. Berkolaborasi dengan semua orang dan mendelegasikan tugas menurutnya sangatlah penting dan efektif untuk memperkuat hubungan di dalam rumah tangga.

Saat ini, Vinna sedang menikmati perannya sebagai seorang ibu dan wanita karier. Di waktu senggangnya, ia juga sembari mengerjakan proyek dekorasi sebagai hobinya di bidang interior design, mengeksplorasi berbagai ide untuk mempercantik ruangan. Dia berencana untuk terus mengeksplorasi hobinya dan berharap dapat menghadirkan inovasi dan kejutan di masa depan.

Sementara itu, Vinna juga menyampaikan pesannya kepada mereka yang ingin memulai karier di bidang kreatif seperti dirinya: pantang menyerah dan terus berusaha untuk melakukan yang terbaik setiap hari, "Keep pushing ahead and stay true to your path. Don't worry about others' opinions; that's how you grow. It's perfectly fine to feel tired—everyone has their own journey. You never know; maybe tomorrow or next week will be your day, so keep striving!"