Share
Tradisi Unik Merayakan Malam Tahun Baru di Berbagai Belahan Dunia
Clara Enocensia
28 December 2021

Banyak hal dan tradisi unik dari berbagai negara yang dilakukan untuk merayakan malam di penghujung tahun.


Perayaan tahun baru merupakan upacara yang ditunggu-tunggu masyarakat menjelang pergantian tahun. Berbagai jenis kegiatan dilakukan untuk menutup tahun dengan momen-momen tak terlupakan.

Setiap negara memiliki perayaan tahun baru dengan tradisi yang berbeda-beda, termasuk Indonesia. Beberapa negara berikut ini memiliki cara unik tersendiri dalam merayakan malam tahun baru.

1. Membunyikan Lonceng 108 Kali – Jepang

Di Jepang, pada saat pergantian tahun setiap kuil akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Dalam kepercayaan Buddhis hal ini akan membersihkan diri setiap orang karena 108 dentang lonceng melambangkan 108 pikiran kotor manusia.

2. Membakar Orang-Orangan Sawah - Ekuador

Perayaan Tahun Baru di Ekuador juga unik. Pasalnya, masyarakat di sana membakar orang-orangan sawah pada malam menjelang pergantian tahun. Konon katanya dengan melakukan ini untuk menyingkirkan kemalangan masyarakat di tahun selanjutnya.

3. Hogmanay - Skotlandia

Pada 30 Desember, biasanya sekitar 8.000 orang akan bersuka ria memengang obor menciptakan sungai api di sepanjang jalan dari Parliament Square hingga Calton Hill.

Pada Malam Tahun Baru sendiri, akan ada sebuah pertemuan sosial dengan musik Skotlandia dan tarian tradisional. Kegiatan ini berjalan sepanjang malam hingga 1 Januari.

4. Menginap di Kuburan – Chili

Berawal dari sebuah keluarga yang menerobos pagar pemakaman agar bisa bermalam bersama keluarga yang telah meninggal di malam tahun baru, hal ini kemudian menjadi tradisi malam tahun baru di Chilli.

Pemerintah mulai membuka pagar tempat pemakanan alias kuburan agar setiap orang bisa menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga yang telah meninggalkan mereka.