Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Enam Tips Siasati Ruangan Berwarna Hitam Agar Tampak Cerah

Design23 October 2020

By Adelia Ayu

Enam Tips Siasati Ruangan Berwarna Hitam Agar Tampak Cerah

Memberikan aksen maskulin dan gothic, warna hitam sering dihindari dalam pemilihan cat ruangan maupun rumah. Dengan pencahayaan dan dekor yang tepat, cat hitam memberikan kesan elegan dan mewah bagi ruangan Anda.


Terkesan Gothic dan misterius, warna hitam dan gelap lainnya sering dihindari dalam dekor ruangan dan rumah. Dengan meningkatnya tren gaya ruangan industrial dan monokrom, warna gelap mendominasi furnitur maupun cat dinding.

Dengan pencahayaan dan penataan yang tepat, ruangan berwarna hitam dapat menciptakan kesan elegan dan estetik. Selain penambahan daun jendela, berikut sejumlah tips yang dapat membuat ruangan bercat hitam lebih cerah dan tampil modern:

1. Tambahkan Furnitur Berwarna Terang

Hal yang harus dihindari dari ruangan berwarna hitam adalah menciptakan kesan tertutup. Dengan penambahan furnitur dan aksesori berwarna terang, ruangan hitam tampak lebih ‘hidup’ dan artsy. Karpet putih dan lemari berwarna pastel dapat menyegarkan ruangan bernada gelap.

2. Jangan Takut Bermain Warna

Meskipun tone dasar ruangan berwarna hitam pekat, jangan takut untuk menambahkan warna-warna cerah seperti kuning, ungu dan merah lewat furnitur. Warna cerah yang kontras dengan hitam memberikan kesan bold dan modern.

3. Cerahkan Ruangan dengan Lampu

Sudah menjadi trik utama jika ruang gelap harus diberi cahaya agar tampak lebih terang. Penggunaan lampu dapat membantu jika diletakan di sudut ruangan dan atap. Penggunaan hidden lamp dan lampu spot dapat mencerahkan ruangan sekaligus menunjang penataan ruang di malam hari.

4. Perbesar Ruangan dengan Cermin

Cat hitam dan gelap cenderung memberi kesan ruangan yang sempit. Dengan peletakkan cermin, ruangan terkesan lebar dan menciptakan kesan cerah. Letakkan cermin di lantai dan atas lemari yang menghadap ke jendela untuk memantulkan sinar matahari dan lampu.

5. Hidupkan Ruangan dengan Tanaman

Menambahkan benda hidup seperti tanaman indoor dapat membuat ruangan Anda tampak lebih hidup. Hindari tanaman bernada gelap dan pilihlah tanaman berwarna terang dan memiliki pola seperti Sansevieria dan tanaman jenis varigatta yang kontras dengan dinding hitam.

6. Bermain dengan Seni

Selain tanaman, Anda dapat meletakan karya seni seperti lukisan dan ilustrasi untuk memberi kesan vibrant. Lukisan abstrak, modern dan feminin dapat memberi kesan luas dan estetik yang menjadikan ruangan tampak indah meski berwarna hitam.