Sering Merasa Kelelahan Setelah Liburan, Berikut 5 Tips Mengatasinya

Wellness09 November 2020

By Novita Angelina

Sering Merasa Kelelahan Setelah Liburan, Berikut 5 Tips Mengatasinya

Beberapa dari kita terkadang merasa kelelahan setelah liburan. Berikut beberapa tips untuk mengatasinya.


Liburan dapat menjadi salah satu cara untuk melepaskan kepenatan dan beristirahat dari segala rutinitas kita sehari-hari. Akan tetapi setelah menjalani liburan panjang, terkadang kita malah merasa kelelahan yang hebat. Kamu tidak sendiri jika merasa seperti itu.

Hal ini biasanya dikarenakan ketika berlibur kita banyak melakukan aktivitas, bertamasya mengunjungi banyak tempat tetapi tidak memberikan cukup waktu untuk benar-benar bersantai, tidur, istirahat atau sekedar duduk di tepi kolam renang, atau tidak melakukan apa pun.

Efek bepergian ini memiliki dampak yang langsung pada tubuh kita secara biologis karena jam tubuh menjadi terganggu dan tubuh harus menyesuaikan diri dengan aktivitas yang kita lakukan pada masa liburan.

Untuk menghindari rasa lelah yang berkepanjangan setelah berlibur, kami memberikan beberapa tips supaya Anda dapat kembali beraktivitas normal dengan rileks dan nyaman setelah berlibur.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Selama liburan, biasakan untuk meminum air putih yang cukup karena tubuh memerlukan banyak air selama perjalanan. Apalagi ketika di dalam pesawat, kelembaban udara di dalam pesawat lebih rendah sehingga tubuh akan lebih kering dan butuh terhidrasi. Anda dapat meminilkan konsumsi minuman bersifat diuretik atau yang merangsang buang air kecil, seperti kopi atau alkohol.

2. Bersiap-Siap Sebelum Berlibur

Sebelum berlibur ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar, mulai dari aktivitas di kantor ataupun mengurus berbagai hal di rumah. Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan sebelum berlibur dan melimpahkan tanggung jawab Anda sementara ke tim ketika berlibur. Jadi ketika momen liburan selesai, Anda akan menjadi lebih tenang dan dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan beban pekerjaan Anda setelah berlibur akan menjadi lebih ringan.

3. Merawat Diri dan Beristirahat Ketika Berlibur

Ketika berlibur, seringkali kita sudah menyusun sejumlah jadwal yang padat untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata di daerah yang kita kunjungi tanpa menyelipkan waktu untuk beristirahat atau merawat diri, seperti pergi ke spa atau tempat relaksasi lainnya. Luangkan waktu beberapa saat untuk beristirahat dan bersantai di hotel tanpa melakukan aktivitas lainnya. Anda juga dapat memanjakan diri Anda dengan aktivitas spa and massage supaya tubuh Anda kembali bugar setelah berpergian nantinya.

BACA JUGA: Kemeriahan Weekend Sale di The Laguna Resort & Spa

4. Lakukan Aktivitas Seperti yang Penduduk Lokal Lakukan

Jika Anda berpergian ke daerah yang memiliki perbedaan zona waktu dengan tempat asal, Anda dapat menyesuaikan waktu Anda dan beraktivitas menyesuaikan dengan zona waktu tempat tujuan. Anda dapat tidur, bangun ataupun makan sesuai dengan waktu yang dilakukan oleh penduduk lokal lakukan.

5. Luangkan Satu Hari untuk Beristirahat di Rumah

Biasakan untuk meluangkan waktu satu hari untuk beristirahat di rumah sebelum kembali beraktivitas di kantor. Jangan kembali bekerja pada hari yang sama dengan jadwal penerbangan, apalagi jika Anda baru saja kembali dari daerah dengan zona waktu yang berbeda. Hal ini akan membuat tubuh dapat menyesuaikan diri sebelum kepada kondisi awal sebelum aktivitas sibuk lainnya.