Share
Tips Cara merawat Earphone Agar Awet dan Tahan Lama
Venisa Ruth
27 September 2021

Anda pengguna earphone? Saat ini, earphone sudah menjadi teman setia yang menemani segala kegiatan manusia, mulai dari mengangkat panggilan telepon atau sekedar mendengarkan musik.


Belakangan hadir beragam earphone di pasaran yang mengusung fitur menarik yang bisa melakukan lebih dari sekedar untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon. Ini juga didukung perangkat yang dapat terhubung dengan earphone juga semakin beragam, mulai dari laptop, smartphone, tablet, wireless device dan perangkat lainnya. Berikut kami bagikan cara merawat earphone agar awet dan tahan lama.

1. Setting Volume Normal

Menggunakan earphone dengan volume keras ternyata dapat mempengaruhi performa earphone. Kerasnya volume dapat merusak speaker dan komponen internal earphone. Akibatnya, kualitas audio earphone terus menurun akibat efek bass yang terlalu keras. Selain merusak earphone, volume yang keras juga dapat merusak pendengaran Anda. Untuk itu, setel volume normal pada saat menggunakan earphone terutama pada saat mendengarkan musik.

2. Bersihkan Earphone Secara Rutin

Debu yang menempel dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan earphone. Sebaiknya, Anda bersihkan earphone Anda dari kotoran yang menempel secara rutin agar memperpanjang usia earphone. Untuk membersihkan earphone, Anda dapat mempergunakan sikat gigi, cotton bud, kain microfiber serta cairan desinfektan maupun alkohol.

Cara membersihkannya cukup mudah, Anda dapat menggunakan sikat gigi atau kuas kecil. Pastikan sikat gigi Anda kering, lalu gosokan perlahan pada kepala earphone hingga debu yang menempel hilang. Jika debu yang menempel pada kepala earphone terlalu banyak, maka akan merusak komponen di dalam earphone tersebut. Setelah dibersihkan, maka earphone Anda memiliki suara yang jernih seperti sedia kala.

3. Gulung Kabel Earphone dengan Benar

Yang sering menjadi penyebab rusaknya earphone dengan kabel adalah ketika penggunanya tidak menggulung bahkan meletakan di sembarang tempat. Hal ini akan membuat earphone tertarik ke segala arah sehingga kabel terlilit berantakan. Akibatnya, kabel lepas dan suara yang dihasilkan jadi tak jelas.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menggulung earphone tersebut ketika selesai digunakan. Cara melakukannya cukup mudah, lilitkan kabel earphone pada tiga jari tangan Anda dengan pola seperti angka delapan. Sisakan beberapa bagian, lalu lilitkan pada bagian tengah. Kemudian masukkan ujung jack pada lubang lilitan. Setelah itu, sebaiknya gunakan pengait earphone agar gulungan tersebut tidak mudah terbuka.

4. Simpan Earphone di Tempat yang Layak

Meletakan earphone di sembarang tempat juga dapat memicu kerusakan earphone. Setelah menggulung earphone, Anda juga harus meletakan earphone di tempat yang benar. Biasanya kita sering meletakan earphone dengan kabel lain seperti kabel usb, charger dan kabel lainnya. Hal ini membuat kabel tersebut terikat menjadi satu sehingga kabel earphone menjadi kusut atau bahkan rusak.