Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 4 Manfaat Weighted Blanket

Wellness29 September 2021

By Annisa Laksmintari

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 4 Manfaat Weighted Blanket

Di luar negeri, weighted blanket atau selimut berbobot banyak disebut-sebut sebagai kiat tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan cara yang sama seperti pelukan atau bedong bayi, tekanan lembut dari selimut berbobot dapat membantu meringankan gejala dan meningkatkan kualitas tidur bagi penderita insomnia, kecemasan, atau autisme, seperti yang dilansir dari sleepfoundation.org.


Selimut berbobot dirancang agar lebih berat dari selimut biasa. Ada dua jenis selimut berbobot: rajutan dan ala bedcover. Selimut berbobot gaya bedcover menambah bobotnya dengan menggunakan manik-manik, bantalan bola, atau bahan pengisi berat lainnya, sedangkan selimut berbobot model rajutan dirajut menggunakan benang rajut yang tebal dan padat sehingga berat.

Dilansir dari sleepfoundation.org, selimut berbobot mengambil inspirasi dari teknik terapi yang disebut stimulasi deep pressure, yang menggunakan tekanan yang kuat dan terkontrol untuk menimbulkan perasaan tenang. Dilansir dari sleepfoundation.org, inilah manfaat menggunakan weighted blanket sebagai bagian dari rutinitas tidur Anda:

Memberikan Kenyamanan dan Keamanan
Selimut berbobot dapat dikatakan bekerja dengan cara yang sama seperti bedong yang membantu bayi yang baru lahir merasa nyaman dan aman. Banyak orang menemukan selimut ini membantu mereka tertidur lebih cepat dengan meningkatkan rasa aman.

Meringankan Stres dan Menenangkan Kecemasan
Selimut berbobot dapat membantu mengelola perasaan stres dan kecemasan. Karena stres dan kecemasan sering mengganggu tidur, manfaat selimut berbobot dapat mengantarkan ke istirahat yang lebih baik bagi mereka yang sedang stres.

Tingkatkan Kualitas Tidur
Selimut berbobot menggunakan stimulasi tekanan dalam, yang diduga merangsang produksi hormon peningkat suasana hati (serotonin), mengurangi hormon stres (kortisol), dan meningkatkan kadar melatonin, hormon yang membantu Anda tidur. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Menenangkan Sistem Saraf
Sistem saraf yang terlalu aktif dapat menyebabkan kecemasan, hiperaktif, detak jantung yang cepat, dan sesak napas, yang tidak kondusif untuk tidur. Dengan mendistribusikan jumlah berat dan tekanan yang merata ke seluruh tubuh, selimut berbobot dapat menenangkan respons melawan-atau-lari dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang rileks dalam persiapan untuk tidur.