Empat Trik Mudah Memberi Nuansa Imlek di Rumah Anda

Design21 January 2020

By Larasati Oetomo

Empat Trik Mudah Memberi Nuansa Imlek di Rumah Anda

Menyambut Tahun Tikus, dekorasi Tahun Baru Imlek yang bertema tikus dan merah memainkan peran penting tahun ini.


Dari hiasan dinding, peralatan makan, dan bantuan pesta, ornamen bertema tikus ditampilkan di setiap rumah atau tempat yang merayakan Tahun Baru Imlek, misalnya botol wiski collector’s edition dari Suntory ini.



Selain dekorasi bertema khusus, dekorasi utama yang diperlukan dalam perayaan terdiri dari chunlian (fu terbalik), rangkaian bunga, lentera kertas, dekorasi meja makan, kuplet dan gantungan pintu. Dekorasi lain yang harus dihadirkan di rumah adalah petasan, pohon kumquat, dan delapan kotak harta karun.



Ada juga hiasan papper-cutting dengan bentuk yang berbeda dengan makna yang berbeda pula. Misalnya, buah persik melambangkan umur panjang; delima untuk kesuburan; peoni untuk kehormatan dan kekayaan; sedangkan pohon pinus untuk awet muda.



Cara lain untuk mencerahkan rumah di Hari Besar ini adalah dengan bunga dan tanaman. Secara tradisional, pohon kumquat dipajang untuk memastikan sebuah keluarga akan memiliki generasi yang makmur di masa depan. Bunga sakura, pucuk bambu, bunga plum, peoni, dan anggrek juga sering dipandang sebagai hiasan sebagai simbol keinginan untuk tahun baru yang penuh keberuntungan.