Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tidak Perlu Dipendam, Menangis Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Wellness18 February 2022

By Shela Dhamayanti

Tidak Perlu Dipendam, Menangis Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Semua manusia pasti pernah menangis. Meskipun begitu tidak sedikit orang lain berpikir bahwa menangis adalah tanda lemah atau mental lemah.


Menangis bukan berarti lemah, hal ini merupakan respon tubuh yang alami jika seseorang sedang menghadapi berbagai emosi, seperti sedih, terharu, dan bahagia. Ketika Anda sedang ada diposisi yang menyakitkan serta perasaan negatif muncul, tidak perlu untuk dipendam. Namun, banyak dari kita malu untuk menangis karena judgment social.

“Menangis itu hal yang positif dan sehat”, ucap Stephen Sideroff, Ph. D., psikolog klinis dari UCLA AS. Maka dari itu, Anda jangan takut untuk memendam perasaan. Lebih baik curahkan melalui tangisan. Berikut manfaat menangis yang baik untuk kesehatan mental.

1. Memperbaiki Suasana Hati

Setelah Anda meluapkan semua emosi tersebut, suasana hati akan mulai membaik. Tetesan air mata mengandung sejumlah hormon stres dan zat kimia lainnya yang ketika dikeluarkan, maka perasaan negatif akan berkurang dan Anda menjadi lebih lega.

2. Mengembalikan Keseimbangan Emosi

Dengan mengeluarkan emosi melalui tangisan dapat membuat seseorang kembali stabil. Sistem saraf yang ada di tubuh akan memberikan efek tenang yang dirasakan beberapa menit kemudian setelah menangis, membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih.

3. Membantu Meredakan Stres

Saat kondisi Anda sedang stres membuat pikiran seseorang menjadi rumit, sehingga muncul perasaan negatif dan mulai menangis. Menangis melepaskan emosi negatif yang selama ini dirasakan dan dipendam.

Mulai sekarang jangan malu untuk meluapkan emosi melalui tangisan, karena baik untuk kesehatan mental Anda.

BACA JUGA: Seni dapat Turunkan Kadar Depresi dan Meningkatkan Self Love