Share
The Alpha under 40: Monica Ivena, Menciptakan Dongeng Melalui Karya Fashion
Listya Manopo
06 November 2023

Fashion designer Monica Ivena dikenal dengan hasil gaun-gaun indah bak dari negeri dongeng, yang memiliki cerita di setiap desainnya.


Dalam industri fashion, Monica Ivena adalah salah satu perancang busana ternama di Indonesia, yang dikenal karena gaunnya yang cantik, feminin, dan elegan dengan detail yang kaya. Sepanjang karirnya, Monica telah menciptakan pasar yang khas dengan ekspresi kreativitasnya, yang menjadikannya salah satu desainer pengantin yang paling dicari di negara ini.

“Saya selalu menggemari fashion sejak saya masih sangat kecil, ketika saya berusia 5 tahun. Saya ingat betapa saya senang menerima pesanan jahitan dari teman-teman saya. Segera setelah saya lulus sekolah pada usia 17 tahun, saya memutuskan untuk fokus pada karir fashion. Saya memulainya di garasi saya dan membeli mesin jahit pertama saya dengan tabungan saya dari kuliah. Tiga tahun kemudian, saya bisa mengadakan peragaan busana pertama saya. Begitulah kisah perjalanan saya sebagai perancang busana,” kata Monica.

Sumber motivasi Monica baik dalam karir maupun kehidupan tak lain adalah putra kesayangannya, Ryan. “Sejak saya memiliki Ryan, saya selalu berusaha sebaik mungkin untuk menunjukkan kepadanya bahwa jika seorang wanita bisa melakukannya, dia pun bisa tumbuh menjadi pria muda yang baik dan luar biasa serta melakukan apa pun yang diinginkan hatinya.” Untuk memastikan dia menjaga kehidupan yang seimbang antara pekerjaan dan keluarga, Monica berkomitmen untuk berhenti bekerja setelah jam kerja, dan mendedikasikan penuh waktunya untuk suami dan anaknya.

Menurutnya, tantangan yang ia temukan dalam pekerjaannya adalah menjadi lebih baik dari dirinya sebelumnya, dibandingkan karya-karya yang ia ciptakan sebelumnya. “Setiap kali saya merilis koleksi karya baru, itu merupakan tantangan yang sangat besar bagi saya; untuk memastikan koleksi baru saya lebih baik dari sebelumnya. Adapun cara mengatasi tantangan tersebut, nomor satu, apapun yang saya lalui dalam hidup, prinsip saya adalah berdoa. Maka saya berdoa kepada Tuhan dan memohon hikmah agar dapat menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Saya juga melakukan traveling untuk memastikan otak saya segar sehingga saya bisa mendapatkan ide-ide baru. Saya rasa itu juga tips yang ingin saya berikan, jalan-jalanlah agar Anda bisa melihat dunia karena ada begitu banyak hal inspiratif di luar sana untuk dilihat dan dialami,” ungkapnya.

Wanita cantik yang memandang dirinya konsisten, ulet, dan pekerja keras ini selalu berusaha untuk menjadi inovatif. Mimpinya adalah agar brand Monica Ivena dikenal secara global, dan membuka toko tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. “Saya berharap karya saya akan selalu dicintai oleh semua orang yang melihatnya.”

Terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan The Alpha under 40 2023 oleh HighEnd, Monica berbagi pandangannya tentang karakter Alpha. “Seorang alpha perlu membimbing timnya untuk mengeluarkan potensi terbaiknya karena suatu saat, mereka mungkin akan menjadi pemimpin di bidangnya sendiri setelah mereka move on dari kita. Jadi, ini bukan hanya tentang kita. Kita harus bisa menginspirasi orang lain di sekitar kita.”