Share
The Alpha under 40: Kevin Sanjaya, Pebadminton dengan Semangat Juang
Salsabila Andika Putri
15 November 2022

Keberanian, ketekunan, dan kepercayaan diri adalah tiga hal yang harus dimiliki seorang atlet hebat. Badminton superstar Kevin Sanjaya terkenal dengan kegigihannya di lapangan, dibuktikan dengan banyaknya gelar World Tour yang diraihnya dalam kompetisi multi event.


Atlet jagoan, Kevin Sanjaya Sukamuljo, mempersembahkan banyaknya pertandingan mendebarkan selama bertahun-tahun karirnya. Di usianya yang masih 21 tahun, Kevin yang sudah bermain bulu tangkis sejak berusia 3,5 tahun berhasil menjuarai All England Championship 2017. Terlepas dari itu, Kevin masih ingin berjuang untuk Olimpiade dan medali Kejuaraan Dunia lainnya yang belum ia dapatkan.

Semenjak masih berlaga di level Junior U19, nama Kevin Sanjaya sudah sering muncul di perbincangan pecinta badminton. Pebulu tangkis dengan sejuta penggemar ini telah memenangkan 30 gelar Superseries (sekarang dikenal sebagai World Tour) bersama Marcus Gideon, yang menunjukkan betapa dominannya pemain asal Banyuwangi itu.

Selain itu, Kevin dan Marcus dijuluki 'Minions'. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan tinggi badan Kevin/Marcus. Terutama, di kategori ganda putra, mereka lebih pendek dari tinggi badan pemain bulu tangkis pada umumnya. Marcus memiliki tinggi 168 cm, sedangkan Kevin 170 cm.

Kevin dan Marcus terkenal dengan gayanya yang sangat lincah dalam bermain bulu tangkis. Mereka sering memantul dan melompat, seperti yang ditunjukkan oleh karakter Minion. Selain itu, karena kegemarannya melambung tinggi selama pertandingan, Kevin juga dikenal sebagai "flying Kevin". Saat berkompetisi di World Junior Championships 2013 di Bangkok, para penggemarnya di Thailand memberinya julukan tersebut.

Saat ini, masih aktif mengikuti banyak kompetisi dengan segala kejayaannya, Kevin berdiri dengan bangga di depan penonton kesayangannya. Dengan setiap mata mengikuti setiap gerakannya, membuktikan bahwa dia masih ada di jalan yang dia inginkan dan akan terus melakukan yang terbaik di berjuang untuk negara yang dicintainya.

Jika ingin membaca lebih lengkap mengenai profil Kevin Sanjaya, Anda dapat membacanya selengkapnya pada profil The Alpha under 40 di majalah HighEnd edisi November 2022.