Share
The Alpha under 40: Erlyanie, Sosok ‘From Zero to Hero’ yang Sukses Membangun Kerajaan Kosmetik
Listya Manopo
06 November 2023

Sebagai wanita yang dikaruniai sikap positif, sifat pekerja keras dan ramah, Erlyanie membuktikan bahwa ia memang layak menerima hasil dari segala keberhasilannya.


Sebagai bukti bahwa seseorang dapat membangun bisnis dari passion dan hobi, Erlyanie, Founder dari B Erl Cosmetics, adalah kesuksesan di balik berbagai proyek dan kampanye yang dilakukan oleh merek tersebut. Menjadi trendsetter era baru kosmetik dan produk perawatan kulit, Erlyanie tidak pernah berhenti memperbarui dan menyempurnakan mereknya dari segala sudut. Dikenal dengan produk skincare dan makeup-nya yang populer, B Erl Cosmetics tak henti-hentinya memberikan kejutan bagi para pengikut setianya, yang terbaru adalah La Belle Colorstay Lip Velvet dalam nuansa cantik, Salsa dan Amna.

Ia ini berhasil mencapai puncak tangga kesuksesan di industri kecantikan, khususnya di Indonesia. Ia membangun mereknya dari awal, dimulai dengan produk kecantikan yang khusus memenuhi kebutuhan kulit Indonesia dengan mengandalkan skema kemitraan, dan mengembangkannya menjadi nama yang diperhitungkan dengan pengikut yang cukup banyak.

Ia percaya bahwa Tuhan menciptakan setiap wanita cantik, hanya bagaimana mereka menjaga dan meningkatkan kecantikannya melalui bantuan produk dan sikap positif yang datang dari dalam diri yang akan membuat kecantikan seseorang semakin bersinar. Bisnisnya, baginya, merupakan instrumen yang memudahkan perempuan Indonesia mengakses produk kecantikan berkualitas yang memahami ciri khas kulit perempuan Indonesia dan permasalahannya.

Bersama suaminya, Erlyanie tidak pernah berkompromi dengan waktu dan melakukan segala sesuatunya secara setengah-setengah. Mereka adalah contoh pengusaha ‘from zero to hero,’ memulai perusahaan mereka dari awal sebelum kekuatan dan ketekunan membawa mereka ke puncak tangga perusahaan. “Di B Erl Cosmetics, kami menggunakan konsep kemitraan ini untuk sistem distribusi kami. Kami tidak hanya berorientasi pada keuntungan dalam mengembangkan bisnis ini, saya tidak hanya berjuang untuk penghidupan keluarga dekat saya, tetapi juga mitra kami. Kami menyebutnya Keluarga B Erl. B Erl Family kini telah memiliki lebih dari 70.000 anggota yang tersebar di seluruh dunia,” ungkap Erlyanie yang pindah ke Jakarta dari kampung halamannya saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Latar belakangnya dalam melakukan banyak pekerjaan membantunya mendapatkan semangat tinggi dalam mencari nafkah, dan menginspirasinya untuk memulai bisnis di industri kecantikan.

Erlyanie 2

B Erl adalah nama yang diciptakan Erlyanie dan suaminya, yaitu gabungan dari huruf B yang berarti Berkah, Besar, dan Bermanfaat, selain Kecantikan itu sendiri; dan Erl yang diambil dari nama Erlyanie. “Sampai saat ini, produk B Erl sudah terjual jutaan di seluruh Indonesia, dan juga di luar negeri bersama B Erl Family saya,” sebut perempuan yang ingin mengembangkan usahanya lebih jauh lagi agar setiap anggota B Erl Family bisa memiliki dan menjalani kehidupan yang baik.

Erlyanie kemudian menularkan hikmahnya berdasarkan pengalamannya kepada seluruh calon wirausahawan yang ingin sukses seperti dirinya. “Jangan mengikuti tren hanya karena sedang viral, apalagi pada industri skincare yang seperti saya geluti ini. Anda harus mempersiapkan tidak hanya secara finansial, tetapi juga mental. Belajarlah dengan giat, temukan passion, dan tak lupa juga untuk mendasarkan segalanya pada Tuhan, kejujuran dan integritas.”

“Saya ingin berterima kasih kepada Majalah HighEnd yang telah memilih saya menjadi salah satu penerima penghargaan The Alpha under 40 2023. Bagi saya, wanita alpha adalah wanita yang memiliki keyakinan teguh, tangguh, dan menginspirasi orang lain karena aura positifnya. Saya setuju bahwa membangun karakter positif itu penting, sehingga saya ingin warisan saya bisa menginspirasi orang lain,” tutupnya.