Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Terjual dengan Harga yang Fantastis, Berikut Bahan-Bahan Makanan Termahal di Dunia

Wine & Dine15 November 2021

By Clara Enocensia

Terjual dengan Harga yang Fantastis, Berikut Bahan-Bahan Makanan Termahal di Dunia

Berikut adalah beberapa makanan termahal di dunia yang langka dan terjual dengan harga yang fantastis.


1. Fugu

Dikenal sebagai salah satu ikan yang paling berbahaya di dunia, ikan fugu atau ikan gembung memiliki racun yang belum ditemukan obat penawarnya. Bila tidak disiapkan dengan benar, mengonsumsi ikan fugu dapat berakibat fatal. Maka dari itu, perlu ketelitian yang sangat tinggi untuk mempersiapkan ikan ini. Hal inilah yang membuat hidangan berbahan dasar ikan fugu dibanderol dengan harga yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan harga ikan pada umumnya. Harga per ekor ikan fugu sekitar USD 200.

2. Jamur Matsutake

Jamur Matsutake dikenal sebagai satu bahan makanan termahal di Jepang, bahkan di dunia. Harganya yang mahal membuat Jamur Matsutake menjadi hidangan eksklusif. Matsutake adalah jenis jamur yang tumbuh di bawah pohon atau di akar pinus merah dan berukuran panjang sekitar 10-20 cm. Matsutake telah menjadi bagian dari masakan Jepang sejak zaman kuno, namun populasinya semakin sulit ditemukan karena berbagai macam faktor. Salah satunya adalah Bursaphelenchus xylophilus, nematoda pembunuh pinus yang secara drastis mengurangi jumlah matsutake yang dapat ditemukan di Jepang. Akibatnya, harga matsutake Jepang menjadi sangat mahal. Jamur ini dibanderol dengan harga mencapai USD 2.000 setara Rp 29,6 juta per kilogram

3. Daging Sapi Kobe

Menjadi salah satu kekayaan nasional Jepang, daging Kobe dari ras Tajima terkenal sebagai daging yang terbaik di dunia. Tekstur marbling pada daging tersebut mampu memberikan kelembutan luar biasa serta meningkatkan rasa daging sapi itu sendiri. Kualitas daging sapi Kobe ini sesuai dengan harga jualnya, yang mencapai hampir USD100 per pon.