Telusuri Manfaat Tomat, Makanan Sehat Penuh Manfaat
Hamidah Khansa Sabila
19 January 2023

Memiliki bentuk, rasa dan warna yang khas, tomat kaya akan kandungan zat-zat baik yang kaya akan manfaat bagi tubuh.


Meskipun masih ada perdebatan tentang apakah tomat termasuk dalam keluarga buah atau sayuran, tidak dapat dipungkiri bahwa tomat adalah makanan yang memiliki banyak manfaat bagi orang-orang yang mengkonsumsinya. Makanan dengan nama latin Solanum Lycopersicum ini memiliki banyak kegunaan, seperti topping makanan hingga digunakan untuk kebutuhan luar tubuh seperti sabun.

Memiliki bentuk, rasa dan warna yang khas, tomat kaya akan kandungan zat-zat baik dan kaya akan manfaat. Dilansir dari WebMD, tomat mengandung likopen, potassium, vitamin B, vitamin E, dan zat bermanfaat lainnya.

Dilansir dari WebMD, berikut adalah manfaat mengkonsumsi tomat bagi tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tomat mengandung zat bernama likopen. Adanya zat likopen dapat menurunkan resiko penyakit jantung pada yang mengonsumsinya. Ketika dikonsumsi, zat likopen dapat menurunkan level LDL atau kolesterol ‘buruk’ dalam tubuh. Zat likopen juga dapat menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol hingga mencegah penggumpalan darah. Hal-hal tersebut yang dapat menyebabkan penyakit tersebut dapat dikurangi resikonya dengan mengonsumsi tomat, dan pembuluh darah pun dapat tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Selain likopen, tomat mengandung zat-zat lainnya yang bermanfaat bagi tubuh, seperti lutein, zeaxanthin dan antioksidan lainnya. Zat-zat tersebut dapat membantu melawan zat-zat berbahaya yang memasuki tubuh yang dapat bermanfaat bagi penderita asma dan mencegah emphysema.

Menjaga Kesehatan Kulit

Zat lycopene yang terkandung dalam tomat juga dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam. Zat likopen dapat membantu menjaga kesehatan kulit melalui sel-sel yang terdapat dalam tubuh.