Teh Madu, Berikan Segudang Manfaat Kesehatan bagi Tubuh

Wellness09 October 2021

By Clara Enocensia

Teh Madu, Berikan Segudang Manfaat Kesehatan bagi Tubuh

Selain rasanya yang lezat, teh madu juga disebut-sebut bisa membantu meringankan gejala flu dan kram perut saat menstruasi.


Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu diperkaya oleh sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari vitamin B, vitamin C, asam amino, sederet enzim, mineral seperti magnesium dan kalium, hingga antioksidan flavonoid. Bila menjadi pemanis pada teh, racikan madu bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga ampuh meredakan rasa sakit dan kram perut saat mengalami menstruasi, serta masih banyak lagi. Mari simak ulasan lengkap mengenai manfaat teh madu.

1. Meringankan diare

Madu terkenal dengan kemampuannya yang dapat meningkatkan asupan kalium dan air yang sangat membantu saat mengalami diare. Tak hanya itu madu juga mampu menghentikan aktivitas patogen yang menyebabkan diare, seperti Salmonella dan Clostridium Difficile. Itulah sebabnya kandungan dalam teh madu sangat efektif untuk mencegah diare.

2. Meringankan nyeri menstruasi

Madu memiliki kemampuan yang dengan obat asam mefenamat yang berfungsi untuk meredakan kram. Asam mefenamat sendiri dapat menimbulkan efek samping seperti masalah pencernaan, pusing, dan rasa kantuk pada sebagian orang. Sedangkan, madu biasanya cenderung aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Anda bisa menyeduh satu sampai dua sendok madu dengan secangkir air hangat atau ditambah jenis teh lain dan minum ketika Anda mulai merasakan nyeri pada perut saat haid.

3. Meredakan batuk

Teh madu dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat Anda mengalami batuk yang mengganggu aktivitas. Penelitian membuktikan bahwa madu lebih efektif mengatasi batuk serta memperbaiki kualitas tidur dibandingkan Anda mengkonsumsi obat seperti dekstrometorfan dan diphenhydramine. Selain itu, madu juga dapat menutupi bagian dalam tenggorokan untuk mencegah iritasi akibat batuk. Nikmati teh madu sebanyak yang kamu perlukan untuk meredakan gejala batuk.