Share
Technogym Pamerkan Inovasi Peralatan Fitness Perpaduan Kebugaran dan Desain di ARCH:ID 2023
Trisha Aulia
27 March 2023

Brand peralatan fitness asal Italia, Technogym menampilkan berbagai inovasi solusi kebugaran yang memadukan fungsionalitas dengan desain estetik pada perhelatan ARCH:ID 2023 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition BSD.


Tahun ini, brand peralatan fitness asal Italia, Technogym, menjadi salah satu instalasi yang paling mengesankan di ajang ARCH:ID 2023. Memamerkan produk-produk hasil kurasinya dengan konsep arsitektur dan desain yang kuat di stan ikonik yang direalisasikan oleh desainer Ary Indra, Technogym menghadirkan pengalaman unik bagi para pengunjung dengan memadukan konsep kebugaran dan desain.

Sebagai penyedia solusi kebugaran terdepan di dunia, Technogym memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan dan kebugaran. Pada ajang ARCH:ID 2023 ini, Technogym mengambil kesempatan untuk mempromosikan gaya hidup sehat dengan menghadirkan berbagai peralatan fitness yang tidak hanya dilengkapi dengan teknologi mutakhir namun juga menarik secara desain.Technogym memilih beberapa produk peralatan fitness dari Personal Line mereka yang paling ikonik, seperti Run Personal, Kinesis Personal, dan Cross Personal, untuk dipajang di ARCH:ID 2023.

Dalam proses riset dan pengembangan, Technogym menggandeng sejumlah dokter spesialis, insinyur, arsitek, dan desainer untuk menciptakan ide-ide baru agar dapat menghadirkan inovasi pengalaman berolahraga yang lebih berkesan sekaligus mengedepankan estetika visual. Seperti yang dikatakan oleh Michaela Rihova, Business Development Manager Technogym, “Bicara soal desain, kami adalah perusahaan asal Italia. Desain adalah bagian dari DNA kami.”

Menggabungkan gaya dari desainer pemenang penghargaan Antonio Citterio dengan pengalaman 40 tahun Technogym di dunia kebugaran dan olahraga, Personal Line Technogym dirancang secara khusus untuk menjadi peralatan fitness rumahan sekaligus sebagai karya seni yang dapat memperindah segala jenis ruang. Di samping itu, Technogym juga menampilkan dua solusi kebugaran canggih pada stan mereka di ARCH:ID 2023, yaitu Technogym Ride dan Technogym Bench.

Technogym Ride merupakan sepeda pertama yang dilengkapi dengan layar 22 inci yang menawarkan sejumlah pengalaman dalam ruangan imersif, sedangkan Technogym Bench menjadi wujud inovasi yang menggabungkan fungsionalitas maksimal dengan jejak minimal sehingga memungkinkan para pengguna untuk berlatih secara total bahkan di ruang yang sangat terbatas. Kedua inovasi ini dihadirkan sebagai solusi untuk mengakomodir tren olahraga yang kian meningkat sejak pandemi. Ardi Setiadharma, Managing Director Technogym Indonesia, mengatakan bahwa, “Dari dua tahun terakhir sudah banyak perubahan. Sepertinya orang semakin peduli kepada kesehatan dan kami hadir untuk membawa solusi baru.”

Melengkapi estetika visual stan Technogym di ARCH:ID 2023 adalah desain layout karya desainer Ary Indra yang dibuat dengan mahkota dari ranting pohon jati sebagai abstraksi siklus lingkungan yang berlaku untuk semua makhluk hidup, termasuk manusia. Secara keseluruhan, filosofi di balik desain tersebut adalah keseimbangan. Terinspirasi dari struktur yang terletak di atas Bukit Sidul Salatiga, “Stan ini menciptakan gagasan luhur untuk menemukan keseimbangan penting di era yang tidak pasti ini,” ucap Ary.

Kualitas dari peralatan Technogym tentunya tidak perlu diragukan lagi karena mereka bahkan sudah dipercayai untuk menjadi pemasok peralatan untuk Olympic Games Paris yang akan berlangsung pada 2024 mendatang. Meskipun telah mendominasi pasar fitness dunia, nama Technogym masih kurang terdengar di pasar Indonesia. Melalui partisipasi mereka pada perhelatan ARCH:ID 2023 ini, Technogym berharap dapat memperkenalkan teknologi, inovasi, dan brand mereka ke lebih banyak gym-enthusiasts di Indonesia.