Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tanaman Hias Indoor Sekaligus Menjadi Pengharum Ruangan Alami

Wellness27 May 2022

By Clara Enocensia

Tanaman Hias Indoor Sekaligus Menjadi Pengharum Ruangan Alami

Isi waktu luang Anda dan mulailah hobi baru yang mengasyikan dengan menanam tanaman indoor yang dapat digunakan sebagai pengharum ruangan.


Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, kita diharuskan menghabiskan sebagian besar waktu kita dirumah. Oleh sebab itu, kita dapat mengisi waktu luang di rumah dengan kegiatan yang menyenangkan serta dapat mengurangi stress. Salah satunya dengan bercocok tanam.

Selain jenis tanaman hias outdoor, sebagian orang memilih untuk merawat jenis tanaman hias indoor karena mampu menyerap racun, membersihkan udara, hingga sebagai pengharum alami ruangan. Berikut adalah tanaman hias indoor yang dapat jadi pengharum ruangan alami.

1. Stephanotis

Stephanotis memiliki bunga putih berbintang dengan tekstur seperti lilin. Setiap mekar memancarkan keharuman yang menenangkan. Letakkan stephanotis di tempat yang sangat terang terlindung dari angin. Sirami dan beri pupuk secara teratur. Namun, stephanotis tumbuh lebih lambat daripada kebanyakan tanaman merambat lainnya saat ditanam di dalam ruangan.

2. Sweet bay

Dikenal sebagai bumbu masakan, sweet bay adalah pohon cemara kecil dan ramping dengan bentuk kerucut. Dedaunannya berwarna hijau tua dan sangat aromatik, oleh karena itu tanaman ini lebih cocok bila ditanam di pot, terutama bila dijadikan deskplant atau tanaman hias teras rumah.

3. Sedap malam

Bunga sedap malam memang selalu menjadi primadona di kalangan pencinta tanaman hias karena wanginya yang begitu kuat. Tanaman ini dapat tumbuh sangat subur di pot asalkan kita tidak lupa menyiramnya dua kali sehari.

4. Heliotrope

Bunga-bunga akan terlihat indah di rumah Anda dan bunganya memiliki aroma eksotis yang akan mengingatkan Anda pada vanili. Kebanyakan Heliotrope hadir dalam warna ungu cerah dan membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh dan berkembang.