Share
Tak Hanya Sebagai Garnish, Inilah 5 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
21 July 2023

Daun mint atau Mentha piperita L. dikenal sebagai daun yang mampu memberikan sensasi dingin dan menyegarkan.


Daun mint merupakan nama dari spesies tanaman, termasuk peppermint dan spearmint. Daun yang satu ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tidak asing digunakan dalam masakan barat seperti oriental dan Asia, bahkan tidak jarang disantap secara langsung.

MINT GARNISH

Tanaman mint dengan jenis peppermint memiliki bunga berwarna merah muda dengan daun berbentuk bulat dan runcing seperti tombak. Daun-daunnya memiliki pinggiran bergerigi dengan warna hijau tua. Daun mint juga kerap digunakan sebagai garnish atau hiasan pada makanan. Tidak hanya itu, daun mint ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan biasa digunakan sebagai ekstrak atau minyak esensial. Berikut adalah beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui.

MINT OIL

Meningkatkan Imun Tubuh

Daun mint memiliki banyak kandungan baik salah satunya adalah fosfor, kalsium, dan vitamin seperti C, D, E, serta A yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Meredakan Iritasi Usus

Kapsul minyak yang terkandung di dalam daun mint mampu meredakan keluhan akibat gangguan pencernaan, seperti mual, gas berlebih, dan perut kembung dan meredakan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS), yaitu gangguan kronis yang menyerang usus besar.

Atasi Bau Mulut

Manfaat yang satu ini tentu sudah tidak asing bagi. Memiliki aroma dan rasa fresh yang khas, daun mint mampu membantu mengatasi permasalahan bau mulut.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti yang telah disebutkan di atas untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menuangkan aromaterapi mint ke dalam diffuser sebelum tidur. Daun ini bekerja dengan meredakan stres dan cemas, terutama bagi pengidap gangguan kecemasan dan insomnia.

Redakan Nyeri Menstruasi

Manfaat lain dari daun mint adalah mampu mengatasi nyeri dan kram perut akibat menstruasi yang diakibatkan karena kontraksi dari otot-otot sekitar rahim.

BACA JUGA: Inilah 4 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui