Share
Inilah 4 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
13 July 2023

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama buah yang satu ini. Buah dengan nama latin Prunus insititia ini menyimpan segudang kandungan baik serta sumber vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan vitamin K. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B1, B2, B3, B6, dan vitamin E yang baik. Mineral yang terkandung di dalamnya adalah kalium, florida, fosfor, magnesium, besi, kalsium, dan seng.


Memiliki tampilan yang persis seperti buah apel, plum masih tergolong satu saudara dengan persik dan aprikot. Plum memiliki beberapa warna yakni merah, hijau, kuning, dan orange. Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan segar, buah plum juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

Meningkatkan Sistem Imun
Buah plum memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan fenol yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Baik untuk Kulit
Manfaat yang satu ini tentu sudah familiar bagi Anda. Buah plum kaya akan vitamin C, E, dan A, dan beberapa nutrisi lain yang baik untuk kulit serta membuat tetap ternutrisi, kencang, dan awet muda.

Menurunkan Berat Badan
Diketahui bahwa dalam 1 buah plum terkandung sekitar 30 kalori. Hal ini membuat buah plum menjadi salah satu camilan yang baik untuk Anda yang tengah menjalani program diet dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat lain dari buah plum ini adalah baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A yang baik dengan kadar sekitar 11 mikrogram dalam setiuap buahnya.