Share
Tak Hanya Lezat dan Digemari, Cokelat Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
07 July 2022

Terkenal memiliki cita rasa yang manis dan kerap kali dihindari, cokelat ternyata juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.


Hari ini, tepatnya pada tanggal 7 Juli merupakan hari yang diperingati sebagai Hari Cokelat Sedunia atau World Chocolate Day. World Chocolate Day pertama kali diperingati pada tahun 2009. Layaknya hari valentine, hari cokelat biasanya diperingati dengan saling dan menyantap cokelat bersama.

Cokelat sendiri merupakan produk makanan yang berasal dari biji buah kakao yang telah diolah. Memiliki cita rasa yang manis, tidak jarang cokelat menjadi salah satu makanan yang digemari oleh kaum hawa.

Meski untuk sebagian orang cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari karena dinilai memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan, jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan, cokelat ternyata memiliki berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya seperti yang dilansir dari Hello Sehat berikut.

Memperbaiki Mood

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat memperbaiki mood dan suasana hati. kandungan teobromin, katekin, epikatekin, dan prosianidin dapat mengaktifkan dopamin yang memicu rasa senang.

Tinggi Antioksidan

Di dalam cokelat terdapat kandungan polifenol dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari berbagai lingkungan sekitar. Diketahui bahwa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam cokelat bahkan lebih tinggi dari blueberry dan acai berry.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan flavonoid di dalam cokelat mampu mendorong produksi nitrit oksida. Nitrit oksida berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan menyebabkan tekanan darah ikut menurun.

Menurunkan Kolesterol

Polifenol dan teobromin yang terkandung di dalam cokelat mampu meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik yang mampu menekan berbagai penyakit kronis yang disebabkan kadar kolesterol tinggi seperti jantung koroner dan stroke. Meski begitu, Anda tetap harus mengonsumsi cokelat secukupnya dan berkonsultasi dengan dokter.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Meski memiliki rasa yang manis, cokelat ternyata mampu mengendalikan kadar gula darah. Hal ini karenakan kandungan flavonoid pada cokelat mampu menjaga fungsi hormon insulin yang berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.