Strategi Kreatif Rudy Salim Bertahan di Masa Pandemi

Profile06 November 2020

By Annisa Laksmintari

Strategi Kreatif Rudy Salim Bertahan di Masa Pandemi

Rudy Salim, seorang miliarder muda menceritakan bagaimana bisnis mobil mewahnya bertahan di masa pandemi saat ini.


Rudy Salim merupakan seorang pebisnis muda yang bergerak di bidang otomotif ritel. Ia merupakan pemilik showroom Prestige Image Motorcars yang menyediakan mobil mewah seharga miliaran Rupiah, mulai dari mobil Bugatti, Koenigsegg, Ferrari edisi terbatas, mobil listrik Tesla dan mereka mobil mewah lainnya.

Meskipun tampak menguntungkan, menurutnya bisnis impor mobil terikat pada tantangannya sendiri. Dalam kondisi normal, impor mobil memang sudah cukup rumit karena berbagai regulasi dan biaya impor.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Rudy Salim, Pemilik Usaha Mobil Milliaran Rupiah

Mobil-mobil impor ini akan dikenakan biaya bea cukai, serta pajak penjualan atas barang-barang mewah, sehingga distributor harus menaikkan harga jualnya menjadi sangat tinggi. Hal ini yang menyebabkan mobil jenis ini hanya dapat dijangkau oleh kelompok berpenghasilan tinggi tertentu.

Apalagi pada masa seperti ini, lebih banyak tantangan disebabkan oleh pandemi global, salah satunya dalam hal pasokan. Ketika beberapa pabrik mobil mewah ditutup sehingga pesanan tidak dapat dipenuhi, atau kerumitan logistik karena banyak perusahaan pelayaran yang mengurangi jadwal pengiriman mereka.

Hal ini menghasilkan waktu pengiriman yang lebih lama, dengan efek domino yang menyebabkan pembiayaan lebih ketat dan bunga yang lebih tinggi karena peningkatan risiko dari keseluruhan proses.

Bukan rahasia lagi bahwa pandemi telah menyebabkan penurunan ekonomi di hampir semua sektor, termasuk otomotif ritel, dan mobil mewah pada khususnya. Namun Rudy menolak melihat reses daya beli sebagai kendala, malah memilih melihatnya sebagai peluang di saat siapa pun punya banyak waktu untuk browsing dan berbelanja melalui internet dalam keamanan rumah sendiri.

“Di masa-masa penuh tantangan ini, tentunya tidak mudah untuk bertahan hidup. Cara-cara kreatif dibutuhkan untuk melakukannya, dengan tujuan untuk pengembangan bisnis. Sebagai pengusaha mobil mewah, inilah saat yang tepat untuk memperkenalkan bisnis saya ke seluruh lapisan masyarakat, dan membiasakan mereka dengan mobil mewah dan mobil listrik. Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk memperkenalkan diri, produk, dan layanan kami ke kancah media digital dan sosial,” jelas Rudy.

Ke depannya, ia berencana melakukan ekspansi ke bisnis logistik. Selain itu impian besar lainnya yang sedang ia garap yaitu menciptakan mobil listrik yang ramah lingkungan dan terjangkau bagi masyarakat kelas menengah Indonesia.

Photos ISNU DWIMARTANTO
Styling BUNG BUNG MANGARAJA