Mengenal Lebih Dekat Rudy Salim, Pemilik Usaha Mobil Milliaran Rupiah

Profile24 October 2020

By Annisa Laksmintari

Mengenal Lebih Dekat Rudy Salim, Pemilik Usaha Mobil Milliaran Rupiah

Rudy Salim, seorang miliarder yang berusia 30-an awal berbagi cerita mulai dari bisnis, mobil mewah, serta kisah suksesnya hingga saat ini.


Bagi para pecinta mobil mewah, nama Rudy Salim sudah tidak asing lagi karena showroom miliknya, Prestige Image Motorcars yang merupakan salah satu dealer mobil mewah terpopuler di tanah air. Showroom tersebut menawarkan berbagai mobil mewah dan eksotis yang tidak tersedia di dealer mobil umum.

“Bugatti, Koenigsegg, Ferrari edisi terbatas, mobil listrik Tesla adalah beberapa dari koleksi terbaik kami,” jelas Rudy. Dia melanjutkan, “Model terlaris kami saat ini adalah Tesla Model 3, yang populer dengan fitur-fiturnya yang canggih dengan harga yang terjangkau.”

Meski terkenal sebagai taipan mobil mewah, industri otomotif bukanlah bisnis pertama yang ia tekuni. Pada tahun 2006, pada usia 19 tahun, ia mendirikan bisnis pertamanya yaitu pembiayaan mikro. Pada saat e-commerce masih belum berkembang, bisnisnya berkembang dengan pesat. Selama bertahun-tahun, ia mendirikan dan mengelola berbagai perusahaan mulai dari properti, F&B, rumah produksi, teknologi informasi, dan lainnya.

BACA JUGA: “Pangeran Entertainment Modern” Profil Verrell Bramasta, Bintang Cover HighEnd Magazine Oktober 2020

Rudy memandang usahanya memulai bisnis pada usia muda yang relatif dini merupakan suatu keuntungan.

“Masa muda adalah sebuah keuntungan! Pengusaha muda masih sangat energik, memiliki jendela waktu yang lama untuk berjejaring dan menikmati hasil kerja keras mereka setelah sukses,” ungkapnya.

Pengusaha ini menganggap kegagalan merupakan jalan untuk sukses. Ini berarti masih ada banyak waktu untuk bangkit dan mencoba lagi. Memang, masa muda seringkali disamakan dengan kurangnya pengalaman, kedewasaan, dan kearifan, tapi bagi Rudy, itu adalah kesempatan untuk membuktikan bahwa saya mau belajar dari teman, kolega, mitra, konsumen, dan lainnya melalui pemecahan masalah, menghadapi berbagai karakter pribadi.

“Sukses bagi saya adalah bisa meraih impian saya, menciptakan kebahagiaan bagi sesama, dan menjadi sumber kebanggaan bagi orang tua saya. Bagi saya, kesuksesan adalah dapat memberikan kontribusi positif bagi planet ini dan orang-orang di sekitar saya,” jawab Rudy ketika ditanyakan arti sukses menurutnya.

Ke depannya, ia sedang mengerjakan ekspansi kerajaan bisnisnya. “Logistik adalah bisnis yang berkembang pesat. Saya berencana membangun layanan logistik terintegrasi mulai dari gudang, layanan penyimpanan, dan pengiriman ujung ke ujung. Perusahaan akan mendapatkan banyak kemudahan untuk gudang, penyimpanan dan kebutuhan logistik dengan layanan ini,” jelasnya.

Sasaran dan impian besar lainnya yang masih ia garap adalah menciptakan mobil listrik yang ramah lingkungan dan terjangkau bagi masyarakat kelas menengah Indonesia.

Photos ISNU DWIMARTANTO
Styling BUNG BUNG MANGARAJA