Share
Spread The Love: dr. Pandji Sadar Jadikan Cinta sebagai Fondasi Utama Misi Mulianya
Dewi Anggriani Siregar
25 February 2022

Selain karena tingginya prevalensi infertilitas, cinta menjadi fondasi utama dr. Pandji Sadar dalam menjalankan misi mulianya membantu pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan. Ia memiliki keinginan untuk menjadi bagian besar dalam revolusi kesehatan di Indonesia.


Sejak kehadirannya pada 18 Mei 2019, Pusat Fertilitas Bocah Indonesia telah dua tahun memberikan pelayanan kepada lebih dari 5000 pasangan yang memiliki masalah kesuburan. Pusat Fertilitas Bocah Indonesia menyediakan solusi komprehensif bagi masalah infertilitas pada pria dan wanita dengan bantuan para ahli dan metode handal berkualitas.

Chief Executive Officer Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, dr. Pandji Sadar mengungkapkan, 1 dari 8 pasangan mengalami infertilitas. Ia merasa ada permintaan yang sangat besar, namun tidak diiringi dengan ketersediaan fasilitas yang memadai. Hal itulah yang melatarbelakangi terbentuknya Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, serta menjadi sebuah perjalanan yang luar biasa, sekaligus sulit.

Tidak hanya berfokus pada pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan, Pusat Fertilitas Bocah Indonesia juga memberikan pelayanan untuk kebutuhan kesuburan pria dan wanita. Hal ini menjadi nilai tersendiri, yakni tidak hanya fokus terhadap kesuburan pasangan, tetapi juga terhadap laki-laki dan perempuan. Memberikan transparansi, perawatan mutakhir serta memastikan bahwa tingkat keberhasilan tinggi, bahkan telah melampaui standar internasional yang ada, menjadi salah satu achievement yang telah dikantongi oleh Pusat Fertilitas Bocah Indonesia saat ini.

Memberi inspirasi terhadap banyak pasangan untuk bisa memiliki momongan, dr. Pandji Sadar menceritakan apa yang memotivasi dirinya untuk terus membagikan cinta terhadap sesama. “Perawatan kami membutuhkan jangka waktu yang sangat lama, itu berarti membutuhkan perjuangan untuk semua orang. Ini adalah suatu upaya besar oleh tim medis, perawat, dan pasien itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan satu fondasi utama, yaitu cinta. Tanpa cinta, kita tidak akan bisa memberikan empati dengan tingkat pelayanan yang baik kepada pasien kita. Jadi, semuanya bermuara pada hal yang paling dasar, yaitu cinta,” ungkapnya.

Sementara itu, dr. Pandji Sadar menyadari bahwa ia memiliki kekuatan besar yang didapatnya dari sosok sang Ibu. Prinsip kejujuran dan kerja keras adalah hal yang paling ditekankan serta menjadi inspirasi terbesar dalam hidupnya.

Saat ini ia berharap bisa menjadi bagian besar dalam revolusi kesehatan di Indonesia dengan memastikan bahwa lingkup perbaikan, bantuan, serta tim yang diberikan tepat, dan meyakini bahwa kita layak dan setara dengan yang terbaik di dunia.

Faktor yang mendukung dr. Pandji Sadar sampai di titik ini adalah cinta dan passion, menurutnya hal tersebut adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan. Selalu ada alasan untuk merayakan cinta setiap harinya. Segala sesuatu akan gagal jika tidak memiliki passion. Karena passion adalah cinta, dan cinta adalah passion.

Photo by Isnu Dwimartanto

Styling by Bung Bung Mangaraja