Share
Song Hye Kyo, Park Eun Bin Raih Penghargaan Baeksang Arts Awards 2023
Farah Meilinda Putri
02 May 2023

Baeksang Arts Awards Ke-59 diadakan di Incheon, Korea Selatan pada 28 April 2023. Tahun ini, beberapa nama besar seperti Park Eun Bin, Song Hye Kyo, Lee Sung Min, Jo Woo Jin, hingga Moon Sang Min berhasil membawa pulang penghargaan Baeksang Arts Awards Ke-59.


Baeksang Arts Awards Ke-59 yang dilaksanakan di Paradise City di Incheon ini dipandu oleh beberapa MC, seperti Shin Dong Yup, Suzy, dan Park Bo Gum. Acara ini merayakan pilihan karya terbaik di televisi, film, dan teater. Mereka juga memberikan beberapa nominasi tidak hanya untuk aktor dan aktris terbaik, namun juga untuk sutradara terbaik, dan lain-lain.

Pemenang terbaik dalam bidang film diberikan kepada sutradara Park Chan Wook untuk film “Decision to Leave,” dengan bintang utama Tang Wei yang memenangkan Aktris Terbaik. Namun karena Park Chan Wook tidak dapat hadir untuk menerima penghargaan secara pribadi, penghargaan tersebut akhirnya diterima atas namanya oleh art director Ryu Seong Hee, yang mengerjakan “Decision To Leave” dan memenangkan Best Art Direction untuk “Little Women”, tvN.

Dalam kategori televisi, penghargaan utama diberikan kepada Park Eun Bin untuk perannya dalam “Extraordinary Attorney Woo”. Aktris itu berbagi sambil meneteskan air mata, “Saya menerima ini atas nama tim kami. Terima kasih.”

Park Eun Bin menjelaskan bahwa cinta dan perhatian yang diterima dalam drama tersebut telah melebihi ekspektasi semua orang. Dia kemudian menambahkan, “Saya pikir akan menyenangkan menjadi orang dewasa yang menerima Hadiah Utama jika saya tidak menyerah pada impian saya untuk menjadi seorang aktris. Jadi terima kasih telah mewujudkan impian itu hari ini. Saya harap upaya saya untuk memahami Young Woo adalah pengalaman yang baik (bagi orang lain) untuk belajar setidaknya sedikit tentang spectrum autism, dan saya harap itu sama membantunya dengan semua kata-kata baik dan perhatian yang saya terima.”

Dia melanjutkan, “Meskipun saya tidak memiliki tujuan ambisius untuk memainkan peran dalam mengubah dunia, saya berakting dengan harapan bahwa melalui drama ini, kita dapat memiliki hati yang lebih baik dari sebelumnya dan mengenali karakteristik unik yang dimiliki setiap orang sebagai variasi daripada perbedaan. Terima kasih telah tertarik dan melakukan langkah kaki itu.”

Yoo In Shik dari “Extraordinary Attorney Woo” dianugerahi sebagai Sutradara Terbaik mengatakan, ”Saya memuji akting luar biasa dari aktris Park Eun Bi, yang menjadikan Woo Young Woo karakter yang tak terlupakan di hati pemirsa di seluruh dunia musim panas lalu.” Dia mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk para pemeran dan kru “Extraordinary Attorney Woo” dan menambahkan, “Saya harap hati yang dengannya drama ini dibuat dapat disampaikan kepada semua Young Woo di dunia yang berdiri di depan pintu putar.”

Selanjutnya, ada juga yang mencetak tiga penghargaan dalam kategori televisi adalah “The Glory” dari Netflix, yang membawa pulang Drama Terbaik, selain Song Hye Kyo dan Lim Ji Yeon yang masing-masing memenangkan Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik.

Dua Film tambahan masing-masing memenangkan tiga trofi, termasuk “The Night Owl” membawa pulang Sutradara Baru Terbaik, Aktor Terbaik, dan Film Terbaik, dan “Next Sohee” memenangkan Aktris Baru Terbaru, Skenario Terbaik, dan Penghargaan Gucci Impact.
Berikut daftar lengkap pemenang Baeksang Arts Awards 2023.\

TELEVISI

Grand Prize: Park Eun Bin (“Extraordinary Attorney Woo”)
Drama Terbaik: “The Glory” dari Netflix
Sutradara Terbaik: Yoo In Shik (“Extraordinary Attorney Woo”)
Aktor Terbaik: Lee Sung Min (“Reborn Rich”)
Aktris Terbaik: Song Hye Kyo (“The Glory”)
Aktor Pendukung Terbaik: Jo Woo Jin (“Narco-Sainsts”)
Aktris Pendukung Terbaik: Lim Ji Yeon (“The Glory”)
Aktor Pendatang Baru Terbaik: Moon Sang Min (“Under the Queen’s Umbrella”)
Aktris Pendatang Baru Terbaik: Noh Yoon Seo (“Crash Course in Romance”)
Variety Show Terbaik: Psick University “Psick Show”
Acara Pendidikan Terbaik: MBC Gyeongnam “Adult Kim Jang Ha”
Penghibur Pria Terbaik: Kim Jong Kook
Penghibur Wanita Terbaik: Lee Eun Ji
Skenario Terbaik: Park Hae Young (“My Liberation Notes”)
Penghargaan Teknis (Arah Seni): Ryu Seong Hee (“Little Women”)
Penghargaan Popularitas TikTok: Jinyoung, IU

FILM

Grand Prize: Park Chan Wook (Sutradara “Decision to Leave”)
Film Terbaik: “The Night Owl”
Sutradara Terbaik: Park Chan Wook (“Decision to Leave”)
Sutradara Baru Terbaik: Ahn Tae Jin (“The Night Owl”)
Aktor Terbaik: Ryu Jun Yeol (“The Night Owl”)
Aktris Terbaik: Tang Wei (“Decision to Leave”)
Aktor Pendukung Terbaik: Byun Yo Han (“Hansan: Rising Dragon”)
Aktris Pendukung Terbaik: Park Se Wan (“6/45”)
Aktor Pendatang Baru Terbaik: Jinyoung (“Christmas Carol”)
Aktris Pendatang Baru Terbaik: Kim Si Eun (“Next Sohee”)
Skenario Terbaik: Jung Ju Ri (“Next Sohee”)
Penghargaan Teknis (Sinematografi): Lee Mo Gae (“Hunt”)
Penghargaan Gucci Impact: "Next Sohee"

TEATER

Baeksang Play Award: “None Elected”
Drama Pendek Terbaik: “A Little Lonely Monologue and Always Friendly Songs”
Penghargaan Akting: Ha Ji Seong (“Teenage Dick”)

Selamat untuk semua pemenang!