Shandy Purnamasari, Sosok Wanita di Balik Kesuksesan MS Glow

Profile28 June 2021

By Listya Manopo

Shandy Purnamasari, Sosok Wanita di Balik Kesuksesan MS Glow

Brand kecantikan lokal MS Glow menjadi semakin populer belakangan ini. Founder MS Glow, Shandy Purnamasari tahu bagaimana memanfaatkan kesempatan emas dengan sebaik-baiknya.


Shandy Purnamasari menceritakan perjalanannya bagaimana ia berhasil mencapai puncak tangga kesuksesan di industri kecantikan, khususnya di Indonesia. Tanpa lelah ia membangun brand-nya dari bawah, dimulai dengan produk kecantikan yang khusus memenuhi kebutuhan kulit wanita Indonesia, dan mengembangkannya menjadi nama yang disegani dengan pengikut yang cukup besar. Hingga kini ia telah membuka cabang klinik kecantikan di seluruh tanah air serta memiliki pabrik sendiri untuk menghasilkan produk mereka.

Wanita mungil ini percaya bahwa setiap wanita diciptakan cantik. Terserah mereka untuk menjaga dan meningkatkan kecantikan mereka melalui bantuan produk, perawatan dan sikap positif yang datang dari dalam. Bisnis, baginya, adalah sebuah instrumen untuk memudahkan perempuan Indonesia mengakses produk kecantikan berkualitas tinggi yang memahami kulit khas perempuan Indonesia dan permasalahannya.

Sebagai pemimpin wanita di perusahaannya, Shandy bersyukur bahwa banyak bisnis saat ini yang menargetkan wanita dan juga mempekerjakan lebih banyak karyawan wanita, termasuk di MS Glow Beauty. “Saya memiliki banyak wanita yang bekerja untuk saya di MS Glow, dan sebagai seorang wanita, saya merasa dapat berhubungan dengan mereka secara pribadi maupun profesional. Saya juga seorang ibu bekerja yang harus menyeimbangkan kehidupan saya di rumah dan di kantor, seperti kebanyakan dari mereka,” ungkapnya.

BACA JUGA: Shandy: Sang Dewi Automotif

Ia menambahkan menurutnya, perempuan layak berada di posisi terdepan karena dengan begitu kesetaraan gender dapat diwujudkan. Baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama untuk bersinar hanya karena kualitas mereka sebagai manusia. Menghadapi tantangan saat ini, Shandy tidak ingin memimpin perusahaan yang menganggap perempuan lebih rendah daripada rekan laki-lakinya. Sebaliknya, yang seharusnya menjadi fokus adalah cara wanita berpikir dan memberikan solusi, yang terkadang mungkin mengambil pendekatan yang berbeda dari pria, tetapi sama-sama masuk akal dan logis.

“Saya sering menjadi guest speaker di seminar dan talk show yang penontonnya perempuan. Saya akan memberi tahu mereka bahwa seorang wanita seperti saya dapat memulai bisnis dari rumah tanpa mengorbankan kehidupan keluarga. Apalagi kita memasuki fase industri 4.0, semua bisa dilakukan melalui internet. Jika saya bisa melakukannya, mengapa wanita lain tidak bisa?” jelasnya.

Sebagai seorang wanita eksekutif yang terus menciptakan lini bisnis baru, Shandy berusaha untuk tetap adaptif dengan situasi, terutama di era pandemi ini. “MS Glow Beauty baru saja meluncurkan produk baru bernama Cosme Mask, dengan teknologi baru yang menggunakan Nano Silver. Banyak orang menderita Maskne saat ini, dan inilah solusinya. Kita tidak hanya peduli dengan protokol kesehatan, tapi juga memperhatikan kulit di bawahnya,” ujarnya berseri-seri.

Shandy mengakhiri wawancara dengan pandangannya sendiri tentang kesuksesan. “Saya merasa sukses ketika saya bisa membuat orang lain mengalami kesuksesan. Saya tidak hanya mencari keuntungan, tetapi saya juga ingin membuat orang lain sukses. Saya mengundang wanita untuk berbisnis dengan MS Glow, di mana mereka dapat bekerja di waktu mereka sendiri dalam kenyamanan rumah mereka, melalui ponsel dan media sosial mereka.”

Saat ini MS Glow Beauty juga mempekerjakan penyandang disabilitas. Dengan tidak menekankan kelemahan mereka tetapi kemampuan mereka, para penyandang disabilitas ini telah membuktikan bahwa terlepas dari kekurangan mereka, mereka mampu berkembang dengan baik dalam pekerjaan mereka.

Photos ISNU DWIMARTANTO
Styling AURELIA LARISSA