Share
Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Chia Seed dan Biji Selasih serta Manfaatnya bagi Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
20 February 2023

Anda mungkin sering terkecoh dengan biji-bijian ini dan mengira bahwa keduanya sama. Meski memiliki bentuk yang serupa, chia seed dan selasih ternyata berasal dari tumbuhan yang berbeda.


Chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica yang masih satu keluarga dengan daun mint. Sementara biji selasih berasal dari daun selasih atau basil. Tidak hanya bijinya, basil atau daun selasih ini juga dapat dikonsumsi. Dari segi bentuk, sebenarnya keduanya pun memiliki perbedaan yang cukup siginfikan apabila disandingkan.

Chia seed berwarna cokelat kehitaman, sementara biji selasih memiliki warna yang hitam pekat. Meski begitu, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Chia seed dan biji selasih memiliki kandungan yang baik dan cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan serta membuat Anda kenyang lebih lama. Chia seed memiliki kandungan nutrisi, serat, antioksidan, protein, kalsium, dan mineral yang tinggi. Chia seed juga mampu membantu mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh serta membantu menurunkan kadar kolesterol dan mendorong kesehatan jantung.

Sementara itu, biji selasih juga memiliki manfaat yang tidak kalah kaya dengan chia seed. Biji selasih berfungsi sebagai diuretik dan membantu melancarkan pencernaan serta meningkatkan kualitas darah.