Seru dan Menyenangkan, Inilah Manfaat Bermain Sudoku, Catur, dan Puzzle untuk Otak Anda!

Wellness14 October 2021

By Annisa Indah

Seru dan Menyenangkan, Inilah Manfaat Bermain Sudoku, Catur, dan Puzzle untuk Otak Anda!

Sudah lumrah untuk rutin olahraga untuk melatih tubuh Anda, namun menyisihkan waktu untuk melatih otak Anda masih sering terlewatkan. Permainan untuk mengasah otak merupakan latihan kognitif yang penting untuk mejaga fungsi kognitif yang baik sepanjang hidup Anda, dan dapat membatu mencegah atau memperlambat penurunan yang sedang terjadi ataupun yang lebih lanjut.

Walaupun banyak permainan mengasah otak melalui apps yang dapat diakses melalui ponsel, tablet ataupun computer Anda, ada juga yang seru dimainkan tanpa membutuhkan gadget. Permainan ini dapat dilakukan bersama keluarga tercinta sekaligus menjadi screen break bagi semua.


Latihan atau permainan kognitif melibatkan aktivitas apa pun yang membutuhkan memori, keterampilan visual dan spasial, fungsi eksekutif, fokus, atau bahasa. Selain seru dan menyenangkan permainan yang mengasah otak dapat menjaga pikiran agar tetap tajam, aktif, terstimulasi, dan tertantang setiap harinya. Berikut adalah permainan-permainan yang dapat terus melatih fungsi kognitif Anda tanpa harus melihat layar!

- Sudoku
Permainan angka ini membutuhkan fokus, logika, dan berhitung. Dilansir dari marthastewart.com, Sudoku meningkatkan memori dan konsentrasi, sementara juga mempromosikan konsep menjembatani kesenjangan antara keseluruhan gambar dan bagian-bagian individual dari masalah yang Anda coba selesaikan.

- Catur
Permainan papan yang mengutamakan penalaran yang logis ini mengajak Anda untuk menyusun strategi dan berpikir ke depan, sembari meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif secara keseluruhan.

- Puzzle 1000 keping
Puzzle dengan 1000 keping mengembangkan kemampuan kesadaran spasial dan keterampilan memecahkan masalah, baik untuk anak maupun dewasa. Selain itu, ketika seluruh kepingan puzzle telah diselesaikan, akan menyenangkan sekali untuk melihat gambar akhirnya secara keseluruhan!