Share
Sering Susah Tidur di Malam Hari? Berikut Beberapa Cara untuk Mengatasinya
Rambu Moara
30 August 2021

Insomnia menjadi salah satu permasalahan yang dapat mengganggu jam tidur seseorang dan sangat susah untuk diatasi. Meskipun begitu, terdapat berbagai cara untuk dapat mulai mengurangi insomnia tersebut. Salah satunya dengan penggunaan essential oil ataupun reed diffuser.


Tidur yang nyenyak setelah kelelahan akibat seharian bekerja memang sangat dibutuhkan oleh siapapun. Akan tetapi banyak orang yang sering mengalami gangguan tidur seperti insomnia, sehingga mereka tidak dapat beristirahat dengan tenang di malam hari. Pada akhirnya, tubuh akan kehilangan waktu yang tepat untuk beristirahat dan berakibat mendatangkan rasa lelah yang berkepanjangan serta susasana hati yang buruk saat bekerja esok harinya.

Untuk memiliki kualitas tidur yang baik, HighEnd memiliki dua cara megatasi insomnia yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Diffuser Elektrik

Diffuser adalah alat yang digunakan untuk menyemportkan campuran air dan minyak esensial dalam butiran kecil dan halus sehingga mempermudah penguapan minyak esensial di udara. Penggunaan diffuser untuk memiliki beberapa manfaat dalam kesehatan, seperti membantu merilekskan tubuh, mengusir serangga, hingga membantu meredakan flu.

BACA JUGA: Mengenal Lebih dalam Essential Oil, Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk mendapatkan tubuh yang rileks agar mudah tertidur, ada beberapa jenis minyak esensial yang harus dicampur. Berikut HighEnd berikan 5 rekomendasi campuran minyak esensial untuk diffuser elektrik yang dapat membantu insomnia Anda.

1. Anda dapat mencampurkan 4 tetes minyak esensial Lavender, 2 tetes minyak esensial Wild Orange, dan setetes minyak Frankincense

2. Untuk tidur yang lebih tenang, Anda dapat mencampurkan 2 tetes minyak Frankincense, 2 tets Wild Orange, dan setetes Vetiver

3. Untuk menghasilkan udara yang lebih fresh, Anda dapat mencampurkan masing-masing 2 tetes minyak esensial Bergamot, Citrus Bliss, dan Vetiver

4. Ingin mendapatkan deep sleep, Anda dapat mencampurkan minyak esensial Juniper Berry, Serenity, dan Cedarwood dengan perbandingan setiap minyak 3:2:1 tetes

5. Resep teraskhir yang dapat dicoba yaitu 4 tetes minyak esensial Marjoram, 5 tetes lavender, dan 3 tetes Rosemary

Reed Diffuser

Alternatif lain dari diffuser elektrik adalah dengan menempatkan reed diffuser disamping ranjang Anda. Alat ini dapat menjadi solusi jika Anda tidak suka memiliki kamar yang lembab karena tersemprot cairan diffuser karena reed diffuser hanya menyebarkan aroma dari essential oil dalam botolnya. Sehingga aroma tersebut dapat merilekskan tubuh agar Anda bisa tertidur nyenyak dengan lebih cepat.

Aroma reed diffuser yang dapat Anda pilih untuk merilekskan tubuh yaitu seperti Lavender, Chamomile, dan Vanilla. Jika Anda membutuhkan wangi yang lebih pekat, Anda tinggal menambahkan setangkai batang lagi atau sebaliknya jika ingin wangi yang lebih tipis, Anda dapat mengurangi batangnya.