Share
Mengenal Lebih dalam Essential Oil dari Juara, Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Novita Angelina
31 March 2021

Belakangan ini kehadiran Essential Oil menjadi sesuatu yang tidak asing bagi sebagian kita. Essential Oil dipercaya memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.


Menurut sejarahnya, Essential Oil atau dikenal juga dengan nama minyak atsiri telah digunakan sejak jaman Mesopotamia dan Mesir Kuno. Orang Mesir menanam berbagai tanaman untuk diambil minyaknya. Selain untuk tujuan pengobatan dan kosmetik, minyak tersebut juga digunakan untuk proses pengobatan. Tidak hanya di Mesir, Essential Oil juga digunakan di China dan India sejak tahun 3.500 SM yang menjadi cikal bakal pengobatan Ayurveda.

Essential Oil sendiri merupakan senyawa hasil ekstrasi dari berbagai bagian tumbuhan, seperti kelopak bunga, biji, daun, kulit kayu hingga akar. Ekstrak tumbuhan ini melalui proses penyulingan atau distilasi uap untuk menghasilkan minyak yang wangi dan memiliki banyak manfaat.

Saat ini produk Essential Oil menjadi kembali dikenal setelah berbagai brand mengeluarkan beberapa varian. Salah satunya yaitu brand kecantikan internasional ternama buatan wanita Indonesia, bernama Juara. Mereka baru saja mengeluarkan Juara Essential Oil yang terdiri dari beberapa jenis Single Essential Oil, seperti Lavender, Lemongrass, Cananga, Peppermint serta varian Blend Essential Oil, yaitu Balancing dan Relaxing yang minyaknya berasal dari gabungan beberapa jenis tanaman. Berikut beberapa jenis Essential Oil berikut manfaatnya.

1. Lavender Essential Oil

Minyak yang berasal dari ekstrak bunga lavender ini dipercaya berkhasiat meredakan stres dan kegelisahan atau kecemasan. Dengan menghirup aroma lavender ini akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga dapat membantu tidur menjadi lebih lelap. Minyak lavender ini juga terbukti dapat menjadi agen yang efektif dalam melawan bakteri sehingga dapat membantu pengobatan.

2. Lemongrass Essential Oil

Lemongrass Essential Oil atau minyak serai ini memiliki sifat anti bakteri yang dapat menyembuhkan luka dan mencegah infeksi. Menurut penelitian, minyak ini efektif dalam melawan, menghambat dan membunuh bakteri. Minyak serai ini juga bermanfaat untuk mengusir dan mencegah dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Jika Anda merasa pegal-pegal, Anda dapat mengoleskan minyak ini pada otot-otot yang kaku atau sakit.

3. Cananga Essential Oil

Cananga Essential Oil ini mengandung beta-caryophyllene yang dapat membantu menghilangkan dan mengurangi mikroorganisme seperti E. Coli, Streptococcus pneumonia dan Haemophilus influenza. Beta-caryophyllene ini mendukung fungsi sel yang sehat serta mendukung fungsi saraf dan kekebalan yang sehat. Minyak ini juga dipercaya dapat memberikan efek relaksasi dan memperbaiki suasana hati, termasuk membantu meredam perasaan cemas, depresi sedih atau stress.

4. Peppermint Essential Oil

Minyak peppermin ini memiliki banyak manfaat seperti mengembalikan dan merawat rasa sakit pada tubuh. Sifat pendinginan alaminya membantu dalam menghilangkan rasa nyeri atau kram dan kejang otot. Minyak ini dipercaya dapat mengembalikan daya fokus serta meningkatkan mood ketika tubuh merasa lelah atau penat. Pada minyak peppermint ini terdapat senyawa yang mengandung antivirus, antimikroba serta antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi pada saluran pernapasan.

Selain keempat jenis Essential Oil di atas terdapat pula beberapa jenis Essential Oil lainnya, baik yang terdiri dari satu jenis ekstrak tumbuhan atau gabungan dari beberap ekstrak tumbuhan. Setiap ekstrak tumbuhan tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Karena berasal dari bahan alami, Essential Oil dipercaya bagus untuk menjaga fungsi tubuh (fisik), emosi serta pikiran agar menjadi lebih baik. Aromanya dapat menenangkan juwa, membangkitkan semangat serta menghilangkan emosi negatif.