Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Sempat Berjaya pada Masanya, Kini BlackBerry OS Berhenti Beroperasi

Tech & biz06 January 2022

By Clara Enocensia

Sempat Berjaya pada Masanya, Kini BlackBerry OS Berhenti Beroperasi

Sejumlah sistem operasi BlackBerry seperti BlackBerry 7.1 OS, BlackBerry 10, dan BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya resmi berhenti digunakan mulai 04 Januari 2022.


BlackBerry pernah menjadi ponsel dengan sistem operasi yang populer pada masanya. Brand inilah yang menjadi pioner ponsel dengan keypad Qwerty. Sebutan BBM untuk BlackBerry Messenger, populer seiring dengan meningkatnya pengguna ponsel BlackBerry pada saat itu.

Sebab BBM hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel BlackBerry. Namun era kejayaan BlackBerry perlahan menurun seiring munculnya iPhone dengan teknologi layar sentuh dan sejumlah ponsel berbasis OS Android.

Ponsel BlackBerry mulai Selasa 04 Januari 2022 resmi dihentikan operasinya. Untuk kamu yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi tersebut hendaknya mencari pengganti.BlackBerry 10 atau yang lebih rendah tak lagi bisa dioperasikan.

Dengan kata lain, semua HP Blackberry yang tidak diotaki oleh sistem operasi Android tak lagi bisa mengakses internet, mengirim SMS, atau bahkan menelepon mulai hari ini.

Sistem operasi legendaris, yang disebut-sebut sebagai salah satu perintis teknologi smartphone, tak lagi mendukung perangkat-perangkat yang menggunakannya sebagai software utama. Kebijakan ini diumumkan Blackberry pada September 2020 silam.

Pihak BlackBerry menghentikan layanan ini karena bisnis mereka sudah pindah haluan menjadi perusahaan yang fokus dalam layanan keamanan cerdas yang memenuhi permintaan perusahaan atau pemerintah di seluruh dunia.