Share
Sempat Alami Gejala Kanker Kulit, Hugh Jackman Umumkan Hasil Biopsi Kembali Negatif
Trisha Aulia
11 April 2023

Hugh Jackman menjalani tes biopsi setelah ditemukan gejala yang menyerupai kanker kulit pada hidungnya. Hasil biopsi aktor asal Australia tersebut kembali negatif yang menunjukkan bahwa dirinya bebas dari kanker.


Beberapa waktu lalu, aktor asal Australia Hugh Jackman menyapa para penggemar melalui sebuah video yang diunggah di berbagai platform media sosial. Dengan hidung yang diperban, Hugh membawakan kabar yang cukup serius terkait kondisi kesehatannya beserta pesan penting yang tertuju kepada semua penonton video tersebut.

Bintang ‘X-Men’ tersebut bercerita bahwa hidungnya diperban karena ia baru saja menjalani tindakan biopsi setelah pemeriksaan kesehatan rutin mengungkapkan bahwa ia memiliki tanda pada kulitnya yang menyerupai gejala kanker. Dikhawatirkan bahwa kelainan pada tubuh Hugh merupakan gejala dari basal cell carcinoma, atau karsinoma sel basal, yang merupakan jenis kanker kulit yang paling umum sehingga diperlukan tindakan biopsi untuk memastikannya.

Selain mengabarkan kondisi kesehatannya, Hugh Jackman dalam video tersebut juga mengambil kesempatan untuk menyebarkan kesadaran akan kepentingan menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi guna menjaga kesehatan kulit. “Jika saya dapat mengingatkan bahkan satu orang saja untuk menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi, saya sudah merasa senang,” ujarnya.

Hugh sendiri merupakan penyintas kanker kulit yang sudah terdiagnosa dengan basal cell carcinoma sebanyak enam kali sejak 2013. Pengalaman melawan kanker itulah yang mendorong Hugh untuk terus menyebarkan pesan penting kepada para penggemarnya agar selalu menjaga kulit dari paparan sinar matahari untuk mencegah timbulnya kanker.

Tiga hari setelah tindakan biopsi, Hugh mendapatkan bahwa hasil sampel yang diambil dari kulitnya kembali negatif. Dinyatakan bebas dari kanker, Hugh kini bisa bernapas lega. Ia pun langsung menyampaikan kabar baik tersebut kepada para penggemar sambil mengungkapkan rasa terima kasihnya atas segala doa baik dan dukungan mereka.

Tidak lupa, Hugh terus mengulangi pesannya tentang pentingnya tabir surya agar para penggemar tetap aman di bawah sinar matahari.