Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Semarak Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Wine & Dine30 December 2021

By Clara Enocensia

Semarak Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Berikut beberapa tradisi makanan khas Tahun Baru yang populer di seluruh dunia.


Tahun 2022 sudah di dekat. Berbagai acara dan kegiatan pun sudah dipersiapkan untuk menyambut Tahun Baru. Pergantian tahun biasanya identik dengan acara kumpul bersama keluarga maupun teman sambil menikmati berbagai sajian makanan.

Sejumlah negara pun ternyata memiliki santapan spesial dan khas untuk merayakan Tahun Baru. Berikut ulasan kuliner khas tahun baru dari berbagai negara.

1. Toshikoshi Soba - Jepang

Negeri sakura ini memiliki makanan khas untuk menyambut Tahun Baru, yaitu Toshikoshi Soba. Soba merupakan mi khas Jepang yang melambangkan umur yang panjang. Makanan ini biasanya disajikan dengan kaldu manis serta gurih, kamaboko, dan nori sebagai topping.

2. Tteokguk - Korea Selatan

Orang-orang Korea punya tradisi makan tteokguk atau sup kue beras saat perayaan tahun baru. Menu tradisional ini terdiri dari kue beras yang diiris tipis dan disajikan dengan isian rumput laut dan kuah kaldu daging.

Ada alasan khusus mengapa tteokguk dinikmati saat tahun baru, yaitu warna putih dan bentuk kue beras yang panjang melambangkan kemurnian dan umur panjang. Hal ini pun membuat hidangan ini dipercaya membawa keberuntungan.

3. Vasilopita - Yunani

Di Yunani ada kue khas tahun baru bernama Vasilopita. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, dan rempah-rempahan. Selain disajikan pada malam pergantian tahun baru, kue ini juga dinikmati saat musim dingin atau menjelang Natal.

Tradisi unik dari kue ini adalah, setelah dipanggang, orang-orang Yunani akan menyelipkan koin di bagian bawah kue. Kemudian kue akan dibagikan ke keluarga. Barang siapa yang menemukan koin di Vasilopita-nya dipercaya bakal dianugerahi keberuntungan sepanjang tahun.

4. Tangyuan - China

Masyarakat Cina biasanya menyambut tahun baru dengan menyantap Tangyuan atau Yuanxiao. Tangyuan adalah pangsit yang terbuat dari tepung terigu. Pangsit ini biasanya disantap saat liburan dan disajikan dengan kuah manis.