Tak Hanya Dapat Dikonsumsi, Kembang Turi Ternyata Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
28 July 2022

Istilah kembang turi mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Namun ternyata, salah satu jenis bunga yang dapat dimasak ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan.


Turi merupakan pohon kecil anggota suku Fabaceae. Tumbuhan dengan banyak kegunaan ini asalnya diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, tetapi sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia.

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora ini biasa diolah untuk dimasak. Namun siapa sangka, selain dapat dimakan dan memiliki rasa yang lezat, kembang turi juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beebrapa manfaat kembang turi yang wajib Anda ketahui.

Menurunkan Tekanan Darah

Kembang turi memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Meningkatkan Imun

Kembang turi memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Menjaga Radikal Bebas

Memiliki efek antimikroba, kembang turi mampu mencegah radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai macam jenis penyakit.

Mengatasi Kelelahan

Mengonsumsi makanan kaya fosfor mampu membantu menjaga kebugaran tubuh dan mengatasi masalah kesehatan seperti lemah otot dan kelelahan.