Selain Cuci Tangan, Ini 3 Protokol Saat Travel yang Harus Anda Ingat

Travel08 June 2020

By Vanya Gabriela

Selain Cuci Tangan, Ini 3 Protokol Saat Travel yang Harus Anda Ingat

Memasuki era transisi dari pandemi, beberapa di antara Anda mungkin sudah harus berkomuter ke berbagai tempat untuk pekerjaan. Selain mencuci tangan dan mengenakan masker, ritual apa saja yang tak boleh ketinggalan?


Ketika video Naomi Campbell membersihkan kursi pesawatnya dengan mengenakan masker wajah dan sarung tangan dibagikan online tahun lalu, video tersebut dikecam karena dianggap berlebihan. "Bersihkan semua yang Anda sentuh," kata Campbell dalam video tersebut. Siapa yang tahu bahwa tak lama kemudian, tingkah laku tersebut dianggap normal?

Maskapai besar termasuk Delta Air Lines dan American Airlines mengatakan bahwa mereka membersihkan pesawat mereka di antara penerbangan, dan bahwa kebersihan pesawat adalah prioritas. Tetapi beberapa pelancong, termasuk Naomi Campbell, lebih suka kenyamanan mengetahui bahwa mereka juga mengambil tindakan sendiri untuk membersihkan ruang pesawat mereka.

Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan area pesawat Anda dan menjaga kesehatan dalam penerbangan:

Jaga kebersihan tangan Anda dan berhenti menyentuh wajah Anda

Partikel coronavirus harus bergerak di dalam lendir atau air liur dan masuk melalui mata, hidung atau mulut untuk dapat menyebar. Sementara coronavirus dapat bertahan di permukaan seperti meja baki, layar sentuh, gagang pintu dan faucet, disinfektan pada permukaan tersebut akan membunuh virus.

Namun, kebanyakan orang cenderung menyentuh wajah mereka lebih sering daripada yang mereka sadari. Melakukannya setelah menyentuh permukaan di mana ada tetesan ketika seseorang bersin atau batuk dapat menyebabkan virus ditularkan. Jadi hal pertama yang pertama: Cuci tangan Anda dan jangan pernah sentuh wajah Anda.

Pilih tempat duduk dekat jendela

Sebuah studi dari Emory University menemukan bahwa selama musim flu, tempat teraman untuk duduk di pesawat adalah di samping jendela. Para peneliti mempelajari penumpang dan awak pesawat pada 10 penerbangan berdurasi tiga hingga lima jam dan mengamati bahwa orang yang duduk di kursi dekat jendela memiliki lebih sedikit kontak dengan orang yang berpotensi sakit. Jadi, pesan tempat duduk dekat jendela dan cobalah untuk tidak banyak bergerak selama penerbangan.

Semprotkan disinfektan pada permukaan keras

Ketika Anda sampai di kursi dan tangan Anda bersih, gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan permukaan keras di kursi Anda seperti sandaran kepala dan lengan, gesper sabuk pengaman, remote, layar, saku belakang kursi dan meja baki. Anda juga dapat menggunakan disinfektan pada kursi dengan permukaan keras, kulit, atau bulu. Menggunakan tisu di kursi berlapis kain bisa menyebabkan kursi basah dan menyebarkan kuman, bukannya membunuh mereka.

Jangan langsung gunakan barang-barang tersebut segera setelah dibersihkan setidaknya selama 30 detik. Jika ada televisi layar sentuh, Anda harus menggunakan tisu saat menyentuh layar. Menggunakan handuk kertas atau tisu memastikan bahwa ada penghalang antara permukaan yang mungkin memiliki droplet dan tangan Anda, yang kemungkinan akan menyentuh wajah Anda.