Share
Sederet Hidangan Khas Szechuan, Sensasi Pedas Kuliner Tionghoa
Adelia Ayu
22 October 2020

Berbeda dengan kuliner khas Tionghoa bercita rasa gurih, hidangan Szechuan memiliki rasa pedas dan kaya akan rempah.


Berasal dari Provinsi Sichuan di bagian barat daya Negara China, hidangan khas Szechuan tampak berbeda dengan makanan khas Tionghoa yang sering dijumpai di Indonesia. Terkenal dengan citarasa pedas dan rempah yang kental di setiap hidangannya, kuliner khas satu ini memiliki rasa unik yang berasal dari Mala, lada butiran berwarna hijau dan merah yang memiliki aroma khas.

Lada Mala (Szechuan peppercorns) yang memiliki nama asli hu?ji?, biasa digunakan untuk kebutuhan kuliner dan pengobatan tradisional. Memiliki cita rasa spicy seperti andaliman, Lada Mala digunakan sebagai bumbu inti dari beragam hidangan Szechuan yang menciptakan rasa pedas di setiap suapannya. Berikut HighEnd hadirkan kuliner pedas khas Szechuan yang wajib Anda coba.

1. Mapo Tofu

Hidangan tumis tahu berkuah kental dan merah pekat yang terdiri dari potongan kotak tahu sutra yang ditumis bersama daging sapi cincang ini biasa dilengkapi dengan irisan jamur kuping dan daun bawang. Memiliki aroma khas dari bumbu fermentasi Doubanjiang, Mapo Tofu dapat dijadikan pembangkit selera di waktu makan siang dan malam

2. Fuqi Fei Pian

Hidangan yang berarti ‘bagian Suami dan Istri’ ini terdiri dari irisan lidah dan paru sapi yang ditumis dengan minyak cabai pedas dan memiliki aroma yang lezat. Nama menu ini berasal dari kisah sukses seorang suami bernama Guo Zhaohua dan sang istri dalam berbisnis Fuqi Fei Pian yang berhasil mendatangkan banyak pengunjung.

3. Kung Pao Chicken

Nama hidangan ini tidak asing bagi orang Indonesia karena ditemui di berbagai restoran khas Tionghoa. Memilki nama asli ‘Gongbao Jiding’ yang berarti daging ayam dadu khas Istana, kuliner khas satu ini terdiri dari daging ayam dadu yang digoreng dengan kacang mete dan cabai kering. Berbeda dengan versi Barat dan Indonesia, Kung Pao Chicken khas Szechuan memiliki rasa pedas yang pekat.

4. Szechuan Hot Pot

Hot Pot is a traditional cooking method deriving from Chongqing and Sichuan. There is a variety of hot pots, one of the most famous variations is the Chongqing hot pot. This meal, which is mostly eaten during winter, is prepared differently from region to region. Chinese hot pot is a group dining activity, friends and families cook the raw ingredients on the boiling broth which is in the middle and talk, laugh, and enjoy each other’s company by the tableside.? ? Would you like to try the famous Chongqing hot pot?? ?????????????????????? If you want your photos featured, send us a message or tag us using @chinasights? ?????????????????????? ???? @flavioo_miranda? ?????????????????????? #hotpot buffet #chinesehotpot #sichuanhotpot #sichuanspicyhotpot #chongqinghotpot #chinafood #chinafoods #chinafoodie #chinafoodtour #chongqing #chongqingcity #sichuan #sichuanfood #sichuancuisine #sichuanpepper #food #foodporn #foodphotography #foodie #foodblogger #foods #foodgasm #foody #cuisine #photography #photo #photooftheday #travel #china? ?

Sebuah kiriman dibagikan oleh chinasights (@chinasights) pada

Menu hangat asal kota Chongqing ini banyak ditemui di restoran dan mall Indonesia. Dengan kuah berwarna merah gelap dan ditaburi cabai kecil dan besar, Szechuan Hot Pot memiliki rasa pedas dan Lada Szechuan yang khas. Hidangan ini terdiri dari bahan-bahan seperti daging ayam, jamur, daun bawang dan teripang yang dimasak di dalam kuah hangat.

5. Dandan Mian

[RECIPE] Sorry it's taken so long to get this #dandanmian recipe to you all, life got busy, and I'm not on @instagram much anymore (for SO many reasons), but that doesn't mean I've forgotten you!! Tell me how the start of the year has been for you! How's your #plasticdetox coming along? ???? Cx . ------------------------------------------------------------- . DAN DAN MIAN (Serves 4) FOR THE NOODLE SAUCE 1/2 cup chili oil 3 garlic cloves, minced 1 scallion, chopped 1 tsp Sichuan peppercorns, crushed 3 Tbsp tahini 3 Tbsp low-sodium tamari 3 Tbsp water 1 Tbsp balsamic vinegar 1 Tbsp rice wine vinegar 1 Tbsp maple syrup . • Combine all the ingredients together in a small bowl and set aside. FOR THE TOPPING 2 Tbsp olive oil 1 lb shiitake mushrooms, finely diced 2 Tbsp fermented black bean paste (dou ban jiang) 3 Tbsp sake (or vodka) 1 scallions, chopped 1" stem of fresh ginger, grated 1/2 tsp salt . • Heat the olive oil in a frying pan on meditation high heat, add the mushrooms and saute for 1-2 minutes. Add the black bean paste, tossing to combine. Pour in the sake or vodka and cook until the mushrooms have softened. Toss in the scallions and ginger and set aside. 1/2 lb dried udon noodles (I get mine in bulk from @4thstreetfoodcoop) . • Boil noodles in salted water until 'al dente'. Drain and rinse. . • To assemble, put 1-3 spoonfuls of the noodle sauce at the bottom of each serving bowl. Add the noodles, then add a few spoonfuls of the topping. Enjoy!! ???? . ------------------------------------------------------------- . Recipe adapted from @thedaniellechang @luckyricedotcom #yommme #luckyricecookbook #dandannoodles #noodlelover #noods #noodleworship #eatdrinkgetlucky #thisiswinter #tcmlivingwell #asianfoodlover #chinesefood #hkgirl #myopenkitchen #makesmewhole #feedfeed #letscookvegan #bestofvegan #bonappetit #eattheworld #luckyricecooks #notsaddesklunch #buzzfeast #eeeeeats #plasticfreefoodie props @skyceramics @florim_ceramiche

Sebuah kiriman dibagikan oleh christine wong (@conscious_cooking) pada

Menu mie otentik khas Szechuan ini banyak diadaptasi negara lain dalam berbagai versi. Versi aslinya sendiri tidak menggunakan kuah dan bercita rasa pedas, pekat serta beraroma asap. Aroma tersebut timbul dari proses pencampuran mie dengan sayuran, lada Szechuan dan daging cincang segera setelah ditiriskan.