Share
Sedang Stres? Hias Rumah Anda dengan 4 Warna Penghilang Stres Ini
Putrika Annaya Salsabila
28 June 2022

Rumah adalah tempat Anda pulang di mana Anda dapat merasa nyaman, damai, dan tenang. Bukan hanya itu, pemilihan warna dinding rumah yang tepat juga bisa mengurangi dan menghindari stres.


Pernahkah Anda melewati hari yang melelahkan atau hari yang membuat pusing? Atau bahkan Anda terpaksa harus mendekam di dalam rumah seharian akibat work from home.

Ketika mengalami hal-hal di atas, Anda pasti ingin pulang atau berada di rumah yang membuat Anda nyaman, tentram, dan tenang. Untuk mencapai hal tersebut, rumah Anda harus disulap sedemikian rupa agar terlihat indah dan asri.

Di sini lah warna cat dinding turun tangan untuk memberikan kontribusi atas kenyamanan rumah Anda. Riset dari Minnesota State University bahkan membuktikan bahwa warna memang memiliki kekuatan yang besar.

Berikut beberapa warna yang dapat Anda pilih untuk cat dinding rumah Anda untuk menghindari stres!

1. Biru

Saat melihat warna biru, maka Anda dapat merasakan damai dan tenang. Warna biru ternyata bisa menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah, serta memperlambat detak jantung.

Kelembutan dan ketenangan yang dihasilkan oleh warna biru cocok untuk menghias kamar tidur, ruang duduk, atau ruang santai di rumah Anda.

2. Hijau

Tahukah Anda, ternyata ruangan berwarna hijau memiliki skor peringkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan ruangan berwarna merah. Hal itu dibuktikan sendiri oleh studi MSU. Oleh karena itu, untuk menghindari serta menghilangkan stres, Anda dapat menggunakan cat dinding warna hijau dengan nada krem atau kuning pucat.

3. Putih

Jika berbicara tentang warna yang menenangkan, tentu warna putih tidak boleh tertinggal. Riset dari MSU pun menemukan bahwa ruangan berwarna putih juga bisa mengurangi tingkat stres. Namun, Anda juga perlu memperhatikan nada warna putih yang akan dipilih. Jika ingin menghadirkan suasana ruangan yang menenangkan, pilihlah warna putih yang bersih dan cerah. Hindari warna putih yang kusam atau cat berwarna gelap dan moody.

4. Pink Lembut

Siapa sangka ternyata warna pink juga dapat mengurangi tingkat stres?

Namun, jangan asal memilih warna merah muda untuk cat dinding anda sebab warna pink yang terang seperti fuchsia atau warna pink gelap yang hampir merah justru dapat meningkatkan tingkat stres Anda. Oleh karena itu, gunakan warna merah muda yang lembut dengan dosis putih yang banyak dan memiliki efek damai serta menenangkan, seperti dusty pink dan pastel pink.