Share
Sambut Penayangan, Film Hamka & Siti Raham Vol 2 Dapat Dukungan Penuh dari MUI
Dewi Anggriani Siregar
20 December 2023

Kehidupan Haji Abdul Malik Karim Amrullah alias Buya Hamka menjadi sebuah kisah yang tidak habis-habisnya sebagai sarana refleksi diri. Buya Hamka, seorang ulama, sastrawan, dan politikus Indonesia yang terkenal dan memiliki segudang kisah menakjubkan kembali diangkat dalam Film "Hamka & Siti Raham Vol.2.


Berangkat dari hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat mengeluarkan fatwa tentang himbauan untuk menonton film Hamka & Siti Raham (Vol 2). Fatwa tersebut dikeluarkan pada tanggal 17 Desember 2023 dan ditandatangani oleh Ketua Umum MUI Pusat, KH. M. Anwar Iskan dan Sekretaris Jendral MUI, H. Amirsyah Tambunan. Dalam fatwa tersebut, Dewan Pimpinan MUI mengapresiasi film Hamka & Siti Raham (Vol 2) sebagai karya seni yang bagus dan edukatif. Mengandung nilai-nilai luhur ajaran Islam dan kebangsaan serta keluhuran buhaya nusantara, sehingga perlu didukung oleh MUI seluruh tingkat wilayah dan daerah, serta para tokoh masyarakat, ulama dan para dai serta para pimpinan pesantren dan lembaga pendidikan.

MUI BUYA HAMKA

"MUI sangat mengapresiasi film Hamka dan Siti Raham (Vol 2) ini, karena Buya Hamka selain jadi ketua MUI yang pertama tapi beliau juga seorang tokoh multi dimenasional, ulama, pejuang, budayawan dan nasionalis. Kami mengapresiasi dengan mengeluarkan surat resmi dari MUI pusat, surat resmi surat himbauan untuk menonton film Hamka & Siti Raham (Vol 2) ini," kata Erick Yusuf, S. Sy., M.Pd. (Wakil Ketua LSBPI MUI)

Menyelami perjalanan seorang Buya Hamka yang kaya akan nilai-nilai kehidupan, kekuatan seorang Buya ternyata tidak terlepas dari kasih sang istri, Siti Raham, yang setia mendampingi suaminya bahkan hingga ajalnya sendiri datang menjemput. Fajar Bustomi selaku sutradara dari Film “Hamka & Siti Raham” mengungkapkan betapa kesetiaan dan cinta menjadi salah satu hal luar biasa yang dapat kita saksikan dari film biopik ini.

BUYA HAMKA

“Film ini merupakan film yang dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali, khususnya keluarga karena film Hamka & Siti Raham memperlihatkan bagaimana kehidupan keluarga dan kisah cinta kepada anak dan istri. Saat ini kesetiaan dan cinta menjadi salah satu tantangan terbesar, oleh karena itu, hal ini menjadi peluang yang sangat baik untuk mengedukasi semua usia khususnya mereka yang masih muda. Karena film ini menampilkan film dengan nilai yang sangat luar biasa.” Jelas Fajar dalam acara press confrence penetapan Fatwa MUI untuk menonton Film "Hamka & Siti Raham".

Hal yang sama juga disampaikan oleh Vino G Bastian, pemeran utama dalam film Hamka & Siti Raham (Vol 2) yang mengaku sangat senang dengan fatwa MUI Pusat ini. Ia merasa sangat bangga dan berharap bahwa fatwa ini dapat mendorong masyarakat untuk menonton film tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa film ini akan menjadi film pergerakan akhlak yang baik dan menjadi sarana untuk kita agar terus mengingat sejarah, sebab kita bisa hidup sampai saat ini berkat perjuangan sosok-sosok hebat di masa lalu.

“Semoga Hamka & Siti Raham bisa menjadi film pergerakan akhlak. Buya Hamka sebagai salah satu film yang tembus 1 juta penonton di film pertamanya menunjukan bahwa film biopik juga bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat. Hal yang paling penting adalah masyarakat terhibur sehingga pesan yang ingin disampaikan pun dapat diterima dengan baik.” tuturnya.

Film Hamka & Siti Raham akan tayang serentak diseluruh bioskop Indonesia pada tanggal 21 Desember 2023.