Share
Sajian Roti Khas Yunani yang Memiliki Tampilan Unik dan Rasa yang Lezat
Clara Enocensia
27 December 2021

Mengenal berbagai variasi roti khas Yunani yang memiliki bentuk yang unik serta rasa yang lezat, berikut ulasannya.


Semua negara yang ada di dunia ini, tentunya memiliki banyak sekali makanan khas dari negara tersebut seperti halnya makanan khas Yunani. Salah satu negara di Eropa ini juga terkenal memiliki beragam sajian roti dengan variasi bentuk dan juga rasa.

Roti-roti ini kerap menjadi menu sarapan atau dihidangkan pada perayaan khusus, seperti Paskah. Terdapat pula roti yang telah ada sejak zaman kuno, yang tentu membuat terkesan karena masih populer hingga saat ini. Berikut adalah roti-roti khas Yunani dengan rasa yang lezat dan tampilannya yang cantik.

1. Eliopsomo

Roti panggang tradisional Yunani ini biasanya menjadi santapan saat sarapan. Roti ini dapat dijadikan sandwich atau pun dicelupkan dalam campuran minyak zaitun, oregano, garam, dan merica. Terbuat dari tepung, air, ragi, garam, zaitun hitam, dan perasa seperti madu dan rosemary, Eliopsomo tetep nikmat saat dikonsumsi tanpa campuran apapun.

2. Tsoureki

Roti ini kerap disajikan saat Paskah di Yunani, memiliki ciri khas dengan bentuk kepang yang melingkar atau pun memanjang. Tsoureki dihidangkan bersama dengan telur merah di atasnya dan menjadi makanan tradisional yang telah dikonsumsi sejak jaman kuno. Roti ini biasanya terbuat dari susu, telur, mentega, dan perasa seperti mahleb, kulit jeruk, kapulaga, dan vanila. Semua bahan dicampur hingga membentuk adonan kemudian dipanggang.

3. Ladenia

Roti dengan banyak topping diatasnya ini, memiliki tekstur yang lembut serta bentuk yang pipih. Tomat, bawang Bombay, dan minyak zaitun Yunani kerap menjadi pilihan topping diatasnya. Ladenia terbuat dari tepung, ragi, air, dan garam.