Share
Rifda Irfanaluthfi Berjuang Tuntaskan Penampilannya di Olimpiade Paris 2024 Meski Alami Cedera ACL
Dewi Anggriani Siregar
29 July 2024

Pesenam artistik Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, menampilkan semangat luar biasa saat berlaga di Olimpiade Paris 2024. Bertanding di Bercy Arena pada Minggu (28/7/2024) waktu setempat, Rifda harus bertanding sembari menahan rasa sakit akibat cedera yang dialaminya.


Rifda mengalami cedera pada meniskus dan ligamen krusiat anterior (ACL), yang memengaruhi performanya di ajang tersebut. Meskipun begitu, ia tetap berusaha memberikan yang terbaik. Namun, kondisi cederanya membuat penampilannya tidak seoptimal yang diharapkan dalam debut Olimpiadenya. Pada akhirnya, ia mampu memainkan palang bertingkat saja dari empat alat yang wajib digunakannya dan memperoleh 9,166 poin.


Sebelumnya, Rifda diketahui telah menjalani operasi meniskus dan masih dalam proses pemulihan dari cedera ACL yang belum sempat dioperasi karena persiapan Olimpiade. Cedera ini kambuh beberapa minggu sebelum keberangkatannya ke Paris, menyebabkan lututnya bengkak dan menambah beban mental yang harus dihadapinya.


Sebagai pesenam yang telah banyak mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang internasional, perjalanan Rifda menuju Olimpiade Paris penuh tantangan. Usaha dan pengorbanan besar telah dilakukan, termasuk menjalani rehabilitasi dan terapi untuk memastikan ia bisa tetap tampil di Olimpiade.