Resep Jamu Empon-Empon untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Wine & Dine10 September 2020

By Novita Angelina

Resep Jamu Empon-Empon untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Seiring diterapkannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, masyarakat tetap diminta untuk selalu waspada dengan tetap menjaga kesehatan dan imunitas tubuh di rumah. Kali ini HighEnd Magazine ingin berbagi resep membuat jamu kesehatan yang segar dan menyehatkan.


Jamu tradisional Indonesia atau akhir-akhir ini dikenal dengan sebutan empon-empon sudah dipercaya berkhasiat menjaga kesehatan tubuh sejak jaman dahulu. Popularitas minuman ini kembali mencuat di Indonesia ketika pandemi Covid-19 ini melanda dunia.

Dengan bahan dan cara yang sederhana, kita dapat membuat minuman ini di rumah. Kita bisa juga mengkombinasikannya dengan bahan-bahan tambahan yang dapat membuat minuman ini menjadi enak dan segar untuk dikonsumsi.

Bahan-bahan yang dipersiapkan untuk membuat olahan minuman jamu ini.

3 Ruas Jahe
3 Ruas Kunyit
2 Ruas Temulawak
2 Batang Kayu Manis
2 Batang Sereh
2 Buah Jeruk Nipis atau Lemon
Madu (Sesuai selera)
Gulan Aren/Gula Batu (Sesuai selera)
500ml Air Putih

Cara pembuatan:

  1. Cuci dan bersihkan semua bahan yang ada
  2. Potong dengan tipis atau giling beberapa bahan yang sudah dicuci bersih ke dalam alat penggiling, seperti jahe, kunyit, temulawak dan batang sereh.
  3. Masukkan semua bahan yang sudah dipotong atau digiling tersebut ke dalam panci
  4. Tambahkan air ke dalam panci beserta dengan kayu manis
  5. Rebus semua bahan dengan api kecil sedang selama kurang lebih 30 menit
  6. Jika ingin lebih manis, Anda dapat menambahkan gula aren atau gula batu ketika merebus
  7. Ketika sudah selesai, jamu dapat disaring dan didinginkan sebelum ditambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis dan madu.
  8. Olahan ramuan tradisional ini siap untuk disajikan

Jika ingin terasa lebih nikmat dan segar, Anda dapat menyimpan minuman empon-empon ini dalam lemari pendingin sebelum mengonsumsinya.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan air soda atau sparkling water sebagai campuran minuman sebelum dikonsumsi. Campuran ini akan menambah kesegaran minuman sehingga akan menggugah selera Anda untuk meminumnya segera.

Minuman empon-empon ini dipercaya dapat membantu mencegah penularan virus Covid-19 karena mengandung beberapa senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus serta mencegah infeksi dan peradangan.

Selain itu, di dalamnya terdapat banyak senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang menjadi penyebab beberapa penyakit kronis.
Jadi, ini waktu yang tepat untuk mencoba membuat sendiri jamu empon-empon tradisional Indonesia yang sudah mendunia.