Rekomendasi Film Dokumenter Menarik Yang Melibatkan Tokoh atau Setting Indonesia
Novita Angelina
02 April 2022

Belakangan genre film dokumenter menjadi semakin banyak disukai oleh penonton karena ide dan jalan cerita yang asli yang berasal dari kejadian nyata yang telah terjadi. Beberapa film dokumenter ternyata melibatkan tokoh orang Indonesia atau kejadian yang terjadi di Indonesia.


Sambil menunggu waktu berbuka tiba, jika memang tidak berencana untuk ngabuburit di luar, tidak ada salahnya Anda menghabiskan waktu untuk menonton koleksi film dokumenter menarik berikut ini yang akan semakin membuka wawasan Anda.

Sour Grapes

Film dokumenter Amerika ini menceritakan tentang seorang penipu wine yang bernama Rudy Kurniawan yang merupakan orang Indonesia. Ia merupakan seorang kolektor Wine terkenal di Amerika Serikat. Ia dipercaya memiliki banyak koleksi wine tua dan bahkan berhasil melelangnya dengan harga yang fantastis.

Siapa sangka ia berhasil mengelabui banyak orang dan meraih untung yang besar sebelum akhirnya aksi penipuannya ini ketahuan dan ia kemudian ditangkap oleh kepolisian setempat. Film karya Jerry Rothwell dan Reuben Atlas ini dirilis pada Oktober 2016 pada sebuah festival film dan kemudian ditayangkan di Netflix pada bulan berikutnya.

Downfall: The Case Against Boeing

Film dokumenter ini menceritakan tentang dua kasus kecelakaan pesawat Boeing yang terjadi di waktu yang berdekatan, yaitu kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 pada Oktober 2018 yang jatuh di Laut Jawa dan Ethiopian Airlines ET-302 yang jatuh di Ethiopia pada Maret 2019. Kedua pesawat jatuh tidak lama setelah pesawat lepas landas dan keduanya sama-sama menyebabkan ratusan korban tewas.

Para penyelidik menduga bahwa Boeing lebih memikirkan aspek keuntungan perusahaan di atas keselamatan penumpang. Pihak Boeing juga dituding berusaha untuk cuci tangan atas dua kasus kecelakaan tersebut dan justru menyalahkan pilot pesawat tersebut yang dianggap tidak kompeten dalam membawa pesawat itu.

Tsunami Killed My Bandmates

Film ini menceritakan tentang tragedi Tsunami Banten pada tahun 2018 yang menewaskan beberapa anggota sebuah grup band Indonesia, Seventeen dan hanya tersisa sang vokalis, Ivan yang selamat pada peristiwa tersebut. Band ini tersapu ombak Tsunami ketika sedang tampil pada sebuah acara di Pantai Anyer Banten.

Berbentuk potongan wawancara dan cuplikan di balik layar serta kejadian yang terjadi pada malam itu, film dokumenter ini mencoba menggambarkan mengenai kisah tentang persahabatan, perjuangan, perpisahan dan merelakan orang yang dicintai. Film ini sebelumnya dirilis dengan judul 'Kemarin', sebelum diubah menjadi versi bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kejadian yang terjadi.