Share
Rayakan Ulang Tahun Sapardi Djoko Damono ke-83, Google Tampilkan Doodle Istimewa
Dewi Anggriani Siregar
20 March 2023

Google menampilkan sebuah doodle istimewa dalam rangka memperingati hari lahir mendiang sastrawan legendaris Indonesia, Sapardi Djoko Damono.


Jika Anda membuka tampilan Google hari ini, Anda akan melihat doodle yang memperlihatkan sosok animasi Sapardi Djoko Damono tengah berdiri di bawah rintik hujan dengan payung dan buku di genggamannya. Sapardi digambarkan begitu detail lengkap dengan topi pet, kacamata serta gayanya yang khas di tengah suasana pepohonan asri nan sendu.

Hal tersebut rupanya khusus dipersiapkan Google sebagai bentuk apresiasi mendalam guna memperingati hari jadi sang penyair yang ke-83 tahun. Google dalam keterangannya juga menuliskan, “Doodle hari ini untuk merayakan ulang tahun Sapardi Djoko Damono, penyair Indonesia yang merevolusi puisi lirik di Indonesia,”

Sapardi Djoko Damono lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940 dan meninggal dunia pada 19 Juli 2020 silam. Kepergian penulis “Hujan Bulan Juni” tersebut tentu meninggalkan duka yang sangat mendalam bagi dunia kesusastraan Tanah Air. “Eyang”, begitu sapaan akrabnya, merupakan salah satu penyair yang banyak memberikan sumbangsih melalui karya-karyanya yang membanggakan. Perannya yang luar biasa ini tentu tidak hanya memberikan angin segar bagi dunia Sastra Indonesia, namun juga membuat nama indahnya terus terkenang abadi dalam tiap-tiap ingatan.

Yang Fana adalah Waktu, Karyamu Abadi.