Share
Rania Salsabila Azzahra, Sosok Muda Inspiratif Penuh Talenta
Dewi Anggriani Siregar
15 December 2023

Memiliki kepedulian sosial yang tinggi sejak belia, Rania Salsabila Azzahra tidak pernah berhenti untuk mengembangkan diri dengan segala kemampuan yang ia miliki. Sukses baginya tidak hanya tentang pencapaian, namun bagaimana ia bisa bermanfaat untuk orang banyak.


Di usianya yang masih terbilang sangat muda, Rania Salsabila Azzahra telah menunjukkan bahwa usia bukanlah penghalang untuk berkarya. Selain concern terhadap isu sosial, Rania merupakan seorang penyanyi muda bertalenta yang sudah mewarnai industri musik Indonesia sejak tahun 2021, dengan single pertama yang berjudul “Bersujud Pada-Mu”. Rania memulai karirnya di dunia tarik suara dengan mengikuti lomba menyanyi sejak kelas 4 SD. Dengan kecintaannya yang begitu besar terhadap musik, Rania membuat akun YouTube dan membagikan video cover-nya menyanyikan berbagai genre lagu.

Kesungguhan Rania menggeluti bidang seni ini dapat dilihat saat dirinya mulai membagikan konten-konten cover yang ia buat di YouTube hingga kini ia telah memiliki karya sendiri. Rania berharap agar lagu-lagunya dapat disukai dan dinikmati oleh banyak orang. Baru-baru ini, Rania juga menjadi salah satu dari delapan anak bangsa dari Camp Broadway Indonesia (CBI) yang sukses menunjukkan talentanya lewat karya musikal “Damai” di Festival Musikal Indonesia (FMI) 2023. Camp Broadway Indonesia (CBI) sendiri merupakan lembaga pelatihan bagi anak-anak dan remaja yang mengembangkan keahlian bernyanyi, menari, dan berakting, telah menorehkan prestasi membanggakan dengan mengirimkan lima anak berbakat ke acara The New York Pops 40th Birthday Gala di New York City pada Mei 2023. Dalam momen ini, Rania turut tampil bersama dengan penyanyi legendaris, Barry Manilow. CBI merupakan satu-satunya lembaga resmi di Indonesia yang memegang lisensi dari Camp Broadway New York (NY).

RANIA

Tidak hanya berkarya di bidang musik, Rania juga aktif dalam bidang sosial dan memiliki segudang prestasi. ‘seeforcare’ merupakan salah satu wujud dan aksi nyata dari kepeduliannya terhadap isu sosial. Komunitas sosial ini berfokus terhadap empat pilar yakni Education, Health, Economic Empowerment, dan Art & Culture. ‘seeforcare’ secara rutin melakukan kegiatan bakti sosial seperti Jumat Berbagi, santunan kepada anak yatim dan dhuafa, berbagi untuk tukang ojek online, program bantuan renovasi rumah ibadah dan anak sekolah, khususnya pada hari-hari besar, dan masih banyak lagi.

Berkecimpung dalam dunia sosial di usia muda, Rania Salsabila Azzahra memiliki segudang aktivitas yang tentu harus ia seimbangkan dengan kesibukan dan tanggung jawabnya saat ini. Menurutnya, salah satu rintangan dan hambatan terbesar adalah time management, namun karena kecintaannya terhadap dunia yang ia geluti, Rania merasa sangat enjoy menjalani tanggung jawabnya bersama dengan volunter-volunter lain di ‘seeforcare’.

Ia mengaku senang dan beruntung bisa bekerja bersama dengan orang-orang yang passionate dan sangat menyenangkan. Baginya, setiap waktu yang ia habiskan di ‘seeforcare’ adalah momen-momen berharga, contohnya saat ia bersama para volunteer melaksanakan kegiatan trip ke Kota Bandung dalam rangka perayaan ulang tahun ‘seeforcare’, ia merasa bahwa momen kekeluargaan kian terjalin di antara dirinya dan para volunter.

Menjadi pemimpin yang terbilang sukses di usia muda, Rania ternyata memiliki bentuk leadership tersendiri yang ia terapkan. Salah satunya adalah berusaha untuk selalu adil dan terbuka terhadap seluruh anggota volunter ‘seeforcare’. Memiliki kepribadian yang patut dijadikan panutan, Rania rupanya menjadikan kedua orang tuanya sebagai tokoh yang menginspirasi hidupnya hingga saat ini.

Role model-ku adalah orangtuaku, aku tidak bisa mendeskripsikan bagaimana mereka mengajarkanku banyak hal dan pelajaran berharga tentang kehidupan yang tidak akan pernah bisa aku dapatkan dari siapapun dan dimanapun.” ungkap Rania.

Salah satu pesan membekas dari kedua orang tuanya yang membentuk pribadi seorang Rania Salsabila adalah bagaimana ia harus menjadi orang yang sukses sehingga dapat membantu banyak orang dan menjadi manfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

First of all, make sure that you're happy because if you're not happy, you can't help other people. Jadi hal itulah yang selalu bunda dan daddy tanamkan ke aku dari aku kecil dan yang akan selalu aku ingat sampai kapanpun. Aku harus sukses dan menjadi bermanfaat untuk orang sekitar.” tambahnya.

Rania yang masih berstatus sebagai seorang Siswi, lebih mengutamakan pendidikan akademisnya. Namun, Rania tetap menjalani hobi menyanyi ini dengan penuh totalitas. Sebagai salah satu anak muda dengan segudang aktivitas dan kesibukan, Rania juga memberikan tips-tips agar tetap prima dalam menjalani hari, salah satunya adalah mengonsumsi banyak air putih dan makanan yang sehat, serta menjaga pola tidur dan pola hidup yang baik.

Berbicara tentang karir tentu juga sangat erat kaitannya dengan kepercayaan diri. Bagi Rania, fashion salah satu hal yang dapat menunjang kepercayaan diri seseorang. Lebih dari itu, fashion bukan hanya sekadar membuat good impression, karena ketika kamu terlihat percaya diri dengan apa yang kamu kenakan maka kamu bisa melakukan apa saja dengan maksimal dan orang lain bisa menghargaimu dengan baik juga.

Belum lama ini Rania baru saja meluncurkan short movie perdananya yang berjudul “Surga Cintaku” yang dedikasikan untuk orang tuanya, sang ayah dan bunda sebagai bentuk sayang Rania kepada mereka berdua yang sudah menjadikan Rania seperti sekarang. Rania mengungkapkan harapannya di tahun ke depan agar menjadi pribadi yang jauh lebih positif dan bisa menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya serta banyak orang. Ia juga berharap bisa membanggakan kedua orang tuanya dan menjadi bermanfaat untuk orang lain.

Photos: Isnu Dwimartono