Share
Putri Setiawan Konsisten Jadi Content Creator yang Tulus Berbagi Informasi dan Kebaikan
Listya Manopo
15 July 2024

Bagi Putri Setiawan, kecantikan seharusnya lebih dari sekedar kulit luarnya saja. Dalam setiap proses transformasi yang dialaminya, content creator muda ini selalu mengusahakan untuk menjalaninya dengan hati.


Perjalanan Putri Setiawan dalam menjadi content creator selalu dilandasi oleh niatnya untuk berbagi informasi dan kebaikan. Mantan karyawan perusahaan IT ini tahu betul bagaimana menempatkan diri di depan dan di sekitar kamera dan berusaha untuk membuat konten secara jujur. Kepada HighEnd, Putri berbagi bagaimana perjalanan pembuatan kontennya telah membantunya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selain berbagi video tentang makeup dan skincare, fashion, travel, dan lifestyle, ia juga sering memposting ide hairstyle yang mudah diikuti.

“Yang menakjubkan adalah saya bisa menjangkau audiens yang berbeda-beda. Saya suka melakukan hal ini karena benar-benar terjun langsung dan menunjukkan siapa diri saya,” kata Putri. “Semuanya dimulai ketika saya mendirikan bisnis soft lens saya sendiri, Jeju Lens, dan ingin mempromosikan produk saya, bukan semata-mata karena alasan penjualan, tetapi juga untuk memberi tahu orang-orang bahwa kualitasnya bagus dan mereka akan terlihat cantik saat memakainya. Saya rasa pesan tersebut diterima dengan baik karena jadi berkembang tak lagi terfokus pada produk tetapi menjadi lebih banyak mengeksplor dan mengekspos diri saya sendiri.”

Apa arti kecantikan atau beauty baginya? Putri memandang kecantikan mencakup tiga kategori: inner, outer, dan reachable. “Semua orang cantik dari dalam, ini bisa didapatkan dari kebahagiaan dan masih banyak lagi. Kecantikan dari luar, bagaimanapun, memerlukan upaya dari manusianya, bagaimana kita keluar dari zona nyaman untuk mulai menambahkan sentuhan-sentuhan yang mempercantik diri agar terlihat lebih menarik dari luar. Reachable bagi saya artinya semua orang tanpa terkecuali bisa menjangkaunya. Ini hanya masalah kesediaan kita, apakah kita mau memulainya atau tidak.”

Putri Setiawan 01

Sebagai seorang content creator, Putri sangat dicintai pengikut karena isi konten-kontennya, namun mereka juga sangat terpesona dengan kecerdasan dan selera humornya. Ia terus-menerus memiliki dorongan untuk mencoba dan mengeksplorasi hal-hal baru. “Untungnya karier ini tidak terbatas akan waktu. Biasanya saya menghabiskan hari-hari saya dengan jalan-jalan dan mencoba produk kecantikan, mulai dari kosmetik, perawatan kulit, dan masih banyak lagi, didasari rasa penasaran saya. Pada akhirnya pandangan kita terhadap produk tersebut bisa menjadi bahan yang kita bagikan dalam konten. Secara keseluruhan, proses pembuatan konten saya biasanya terjadi secara alami. Tips terbaik? Jangan menganggapnya sebagai pekerjaan, jadikan saja itu bagian dari harimu, seotentik mungkin,” ujarnya sambil tertawa.

Wanita cantik berambut tebal dan panjang ini mengatakan bahwa perubahan kariernya memberikan kepuasan tersendiri setiap kali ia menyaksikan pemirsanya mendapatkan manfaat yang sama dari produk yang ia bagikan dalam konten-kontennya. Namun sebenarnya, mempertahankan platform digital ini tentu bukanlah hal yang mudah. Ia masih dengan susah payah merekam dan mengedit rekamannya sendiri tanpa bantuan editor video. Putri mengatakan, “Saya suka membantu dan menginspirasi orang dengan konten saya sendiri, dan ini menguji kreativitas saya. Saya percaya bahwa melakukan semuanya sendiri tanpa keterlibatan pihak lain akan menyampaikan pesan saya dengan cara yang terbaik.”

Putri yang mengaku bahwa ia tidak bisa hidup tanpa perona pipi, soft lens, dan lipstik atau produk pewarna bibir lainnya lebih lanjut menyimpulkan bahwa ia ingin memiliki lebih banyak bisnis di masa depan, sekaligus memperluas bisnis yang sudah dia miliki serta mempertahankan pekerjaannya dalam membuat konten.

Sumber foto: RUDI SULISTYA