Punya Jenis Kulit Wajah Berminyak, Ini Dia Beberapa Cara Ampuh Mengatasinya
Dewi Anggriani Siregar
02 August 2022

Permasalahan kulit berminyak merupakan hal umum yang sering dialami oleh banyak orang. Sebab setiap orang memiliki jenis dan tipe kulit yang berbeda-beda.


Ada orang yang memiliki kulit kering, berminyak, sensitif hingga kombinasi. Terjadinya kulit berminyak sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah faktor genetik. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi meminimalisir produksi sebum yang menjadi penyebab kulit berminyak.

Tidak Mencuci Muka Berlebihan

Seringkali banyak yang beranggapan bahwa semakin banyak mencuci muka mampu mengatasi permasalahan kulit berminyak. Padahal justru sebaliknya, terlalu banyak mencuci muka justru mendorong produksi sebum yang semakin banyak. Hal tersebut lah yang pada akhirnya membuat wajah Anda jauh lebih mengilap dan berminyak.

Gunakan Produk Wajah yang Sesuai

Jika adalah pemilik jenis kulit berminyak, usahakan untuk memilih produk wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Termasuk dalam hal memilih makeup, skincare dan sabun pencuci muka. Salah memilih produk wajah justru akan membuat kondisi kulit Anda semakin berminyak.

Rajin Eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak. Usahakan untuk melakukan scrubbing wajah Anda 2-3 kali dalam seminggu. Scrubbing dapat membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati penyebab jerawat serta kulit berminyak.

Gunakan Masker Wajah

Menggunakan masker wajah dapat menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit berminyak. Rutin menggunakan masker wajah beberapa kali dalam seminggu dapat membuat kulit wajah Anda tampak jauh lebih cerah dan terhindar dari minyak berlebih.